3 Tempat Wisata di Pekalongan yang Direkomendasikan

  • Whatsapp

Tempat Wisata di Pekalongan yang Direkomendasikan – Jika mendengar kata pekalongan maka pikiran saya langsung teringat akan kerajinan tangan yang sangat unik dan terkenal yaitu batik. Sedangkan Pekalongan sendiri merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang terkenal dengan tempat wisata alam Dan tempat pembuatan kerajinan batik terbaik di Nusantara . 

Banyak wisatawan mancanegara yang pergi ke Pekalongan hanya untuk berburu kerajinan batik khas kota Pekalongan tersebut , tidak hanya batik yang dicari wisatawan di Pekalongan. Namun  mereka juga berburu makanan khas Pekalongan seperti tauto, sego megono keripik belut dan masih banyak lagi makanan khas lainnya yang banyak di sukai para wisatawan yang berkunjung ke kota pekalongan .

Read More

Sementara itu selain museum batik tempat wisata di pekalongan juga memiliki tempat wisata alam yang begitu indah dan menakjubkan yang jarang dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Berikut adalah tempat wisata di Pekalongan yang di rekomendasikan antara lain adalah 

1.Museum Batik Pekalongan

Museum Batik Pekalongan merupakan salah satu tempat wisata di pekalongan yang menjadi pusat pelatihan membatik dan pusat pembelajaran cara membuat batik. Sementara pelajar dan pengunjung umum dapat belajar membatik atau melakukan penelitian tentang budaya batik di museum batik pekalongan tersebut. 

Museum Batik Pekalongan juga memiliki program pelatihan / workshop membatik yang dilakukan secara langsung ke masyarakat, ke berbagai sekolah, hingga berbagai instansi lainnya bahkan sampai ke perguruan tinggi . kerajinan membuat batik ini juga bisa di lakukan oleh anak anak bahkan para ibu ibu di kota Pekalongan .

Semua hal tersebut dapat dilakukan sesuai dengan komitmen Museum Batik Pekalongan yang terus menjaga dan melestarikan warisan budaya leluhur yang luhur. Selain itu, museum batik juga memiliki peran yang sangat penting dalam memperjuangkan pengakuan agar batik diakui sebagai warisan budaya dari Indonesia .

Bersamaan dengan pengakuan tersebut, Museum Batik juga mendapatkan penghargaan untuk pelestarian budaya batik yang merupakan satu-satunya penghargaan yang diraih oleh Museum yang ada di kota pekalongan tersebut. 

Di museum ini kita akan mendapatkan informasi lengkap tentang sejarah batik Pekalongan, baik batik tulis maupun batik cap, alat dan bahan membatik, serta proses membatik secara manual dan intelektual. 

Sementara Museum ini mengoleksi batik Pekalongan dari beberapa puluh tahun lalu hingga saat ini. Namun, setiap empat bulan sekali, batik Pekalongan yang merupakan koleksi museum dapat dipamerkan untuk masyarakat umum dengan tema yang berbeda di setiap periodenya.

2.Internasional Batik Center (IBC)

Dengan diakuinya Pekalongan sebagai sentra kerajinan Batik, Internasional Batik Center (IBC) juga merupakan salah satu wisata yang akan membantu memberikan manfaat bagi para pengrajin Batik Nusantara untuk mendapatkan kesempatan yang sama dalam memasarkan dan memperkenalkan setiap produknya kepada pelanggan dalam satu kawasan perdagangan yang terintegrasi.

Sementara kegiatan perdagangan dan pemasaran IBC Batik dalam partai kecil, menengah dan besar, skala lokal, regional dan internasional berada di jalur utama Pantura yang merupakan jalur perdagangan di Pulau Jawa. Oleh karena itu, dengan adanya IBC sebagai Pusat Perdagangan Batik Nasional dan Internasional, maka dapat disediakan pula jasa ekspedisi atau pengiriman.

3.Patung kriyono ekowisata

Kawasan Ekowisata Patung kriyono merupakan salah satu wisata yang memiliki beberapa potensi wisata yang sangat menarik, di antaranya wisata edukasi di kawasan Hutan Soko kembang yang dikenal sebagai habitat orang jawa terbesar kedua di Indonesia. Tempat wisata alam yang bisa ditemukan di sini adalah Air Terjun Si bedug, Air Terjun Curug Bajing, Air Terjun Curugmuncar dan Air Terjun Curug Lawe. 

Selain itu, di kawasan ini juga terdapat dua situs sejarah yaitu Situs Gedong dan Situs Nogo pertolo peninggalan Mataram Hindu. Di mana, pengunjung juga bisa menikmati wisata agro, seperti sentra pengolahan kopi, kebun gula aren, dan kebun strawberry. Tak kalah seru di sana ada juga wisatawan yang suka berpetualang bisa mendaki Gunung Kendalisodo, Puncak Tugu untuk melihat sunrise, dan Gunung Rogojembangan.

Itulah beberapa tempat wisata di pakalongan yang dapat Anda kunjungi, 

Buat lah schudle liburan ke kota batik pekalongan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *