7 Fakta Menarik Pembangunan Sirkuit Mandalika

  • Whatsapp

Sirkuit Mandalika di Lombok resmi menjadi tempat perhelatan MotoGP di Indonesia Tahun 2021. Sebelum terpilih, ternyata sirkuit lain seperti Sirkuit Bogor, Sirkuit Sentul, Sirkuit Jakabaring, dan Palembang sempat mengikuti kompetisi untuk menjadi tempat perhelatan MotoGP di Indonesia.

Dengan kabar gembira ini, tentu fans MotoGP di Indonesia sudah tidak sabar menonton langsung idola mereka bertanding di sirkuit kebanggan Indonesia ini. Nah, sebelum itu simak beberapa Fakta Menarik Pembangunan Sirkuit Mandalika.

Read More

1.      Layout Desain Sirkuit

Sirkuit Mandalika memiliki panjang 4,32 km dengan 18 tikungan dibuat. Untuk area paddock, sirkuit ini akan dilengkapi dengan 40 garasi yang siap menampung para pembalap internasional. Selain itu, kapasitas penonton dipastikan dapat menampung sekitar 93.200 penonton. Hal ini belum termasuk area tanpa tempat duduk yang dapat menampung 138.700 penonton dan hospitality suites yang menampung hingga 7.700 penonton.

2.      Lokasi Sirkuit

Lokasi Sirkuit Mandalika Terletak di Kabupaten Nusa Tenggara Barat, sirkuit ini berlokasi di kawasan wisata dengan luas mencapai 1.035 hektar. Kawasan Mandalika juga resmi dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus oleh Kementerian Pariwisata sejak tahun 2017. Dengan dimulainya pembangunan sirkuit di area ini, diharapkan dapat menarik para wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke Nusa Tenggara Barat.

Mandalika juga akan dilengkapi berbagai hotel dengan beragam fasilitas rekreasi serta 7 spot wisata alam yang siap menyambut para wisatawan serta penonton MotoGP mendatang.

3.      Kalender MotoGP

Rencananya, Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah MotoGP Indonesia pada musim 2021. Penunjukan sirkuit ini pun ternyata sudah menjadi hal yang mengejutkan mengingat kunjungan Bos Dorna, Carmelo Ezpelata, ke Mandalika pada akhir 2018.

Rencana pembangunan sirkuit akan menggunakan konsep sirkuit jalanan ini akan dimulai dibangun pada Oktober 2019 dan target rampungnya pada akhir 2020.

4.      Kunci Pemulihan Lombok

Seperti yang sudah diketahui, bahwa Lombok sempat diterpa bencana alam pada tahun 2018. Lombok merupakan destinasi wisata yang sering didatangi oleh para wisatawan. Area yang masih asri membuat orang selalu ingin kembali ke Lombok.

Dengan pembangunan sirkuit di Mandalika diharapkan bisa memulihkan kembali daya tarik wisata Lombok yang sempat padam karena sempat diterpa bencana. Selain itu, pagelaran MotoGP di Mandalika ini diharapkan bisa menggerakan kembali sektor ekonomi dan pariwisata terutama di wilayah Nusa Tenggara Barat.

5.      Sirkuit Jalan Raya Pertama dalam Sejarah MotoGP

Tahukah kamu bahwa sirkuit mandalika ini memiliki karakteristik yang cukup menonjol jika dibandingkan dengan lokasi sirkuit MotoGP lainnya. Karena setelah perhelatan berakhir, sirkuit Mandalika akan tetap beroperasi sebagai jalan umum yang bisa dilalui kendaraan. Tentu, hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri karena setiap fans MotoGP ingin merasakan sensasi melewati jalan yang pernah dilintasi pembalap favorit mereka.

6.      Biaya dan Target Pembangunan

Biaya yang dibutuhkan untuk membangun sirkuit mandalika tentu tidak sedikit. Karena pembangunan infrastruktur di Mandalika ini memakan dana hingga 4,54 Triliun. Dengan dana sebanyak ini, ada beberapa target yang harus dicapai tentunya.

Untuk tahun pertama paska sirkuit dibangun, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) berharap akan ada 100-150 ribu wisatawan mengunjungi Mandalika tiap harinya. Selain itu, ITDC juga berharap sirkuit ini bisa dipakai untuk ajang balapan lain.

7.      Menciptakan Banyak Lapangan Kerja

Dengan perencanaan pembangunan sebesar ini, tentu saja dibutuhkan tenaga kerja yang turut mensukseskan perhelatan MotoGP ini. Tenaga kerja yang dibutuhkan seperti staf perhotelan hingga teknisi balap.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *