Biaya Liburan Ke Jepang Ala Backpacker

  • Whatsapp
biaya liburan ke jepang ala backpacker

Jika kamu sedang merencanakan berwisata di Jepang, mungkin kamu wajib untuk membaca artikel biaya liburan ke Jepang ala Backpacker ini.

Belakangan ini, promosi liburan ke Jepang sedang gencar-gencarnya sehingga membuat banyak masyarakat Indonesia yang memilih Jepang sebagai destinasi wisatanya dibandingkan dengan Hongkong dan China.

Read More

Agar lebih praktis, kamu bisa ikut bergabung dengan grup tour berbayar yang diselenggarakan oleh berbagai macam agen travel seperti Dwidaya, JALan Tour, Panorama Tour dan lain sebagainya.

Tapi jika kamu ingin pergi seorang diri maupun berdua dengan pasangan tanpa ikut grup tour, kamu harus mengetahui terlebih dahulu nih tentang berapa biaya liburan ke Jepang ala Backpacker.

Biaya Liburan Ke Jepang Ala Backpacker

biaya liburan ke jepang ala backpacker

Jika mendengar kata Liburan Ke Jepang, mungkin yang terlintas dibenak kita adalah biaya yang mahal. Baik dari segi perjalanan, penginapan, transportasi, makan, tempat wisata dan lain sebagainya.

Perlu kamu ketahui bahwa berlibur ke Jepang tidak semestinya harus mengeluarkan budged banyak alias over budged. Kamu juga bisa loh berlibur ke Jepang dengan harga murah dan puas menikmati keindahan disana.

Ada beberapa tips dan cara yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir pengeluaran ketika sedang liburan ke Jepang ala backpacker.

Dengan harga murah, kamu bisa berlibur ke wisata moderat dan bukan wisata melarat dalam artian kamu bakalan mengunjungi berbagai macam tempat-tempat wisata yang sangat menarik hanya dengan budged minim.

Sebelum kita sampai pada perhitungan biaya liburan ke Jepang ala Backpacker, mari kita mencoba untuk membagi budged tempat wisata pada beberapa bagian.

Tiket Pesawat

harga tiket pesawat ke jepang

Kira-kira berapa ya biaya liburan ke Jepang ala Backpacker untuk masalah tiket pesawat? Apakah sampai 10 Juta untuk pulang pergi?

Jika dipikir secara rasional, semakin mahalnya tiket pesawat maka semakin bagus pula kualiasnya baik dari segi pelayanan, tempat duduk, fasilitas dan lain sebagainya. Tapi, untuk pergi liburan ke Jepang kamu tidak perlu mengeluarkan budged sebesar itu.

Kamu bisa mencoba untuk memesan tiket pesawat AirAsia dengan tujuan rute Jakarta – Tokyo Haneda (KLIA2) yang dibandrol dengan harga Rp5.600.000 tanpa bagasi.

Harga ini juga termasuk harga pulang-pergi, jadi untuk tiket pesawat kamu hanya mengeluarkan budged 5 Jutaan saja.

Terlebih lagi jika sedang ada harga promo, harga yang semulanya Rp5.600.000 akan menjadi Rp3.200.000 saja untuk pulang-pergi.

Mendengar akan hal ini, mungkin sudah terbayang bahwa biaya liburan ke Jepang ala Backpacker tidak semahal yang kita pikirkan.

Selain penerbangan AirAsia, kamu juga bisa memilih penerbangan lain yang biayanya murah seperti Jetstar, Scoot dan lain sebagainya.

Tapi, jika kamu menginginkan penerbangan yang full-service, kamu bisa nih menggunakan penerbangan Garuda dengan tujuan rute Jakarta – Tokyo Haneda dengan harga tiket sebesar Rp6.000.000 saja untuk pulang-pergi.

Kalau kamu tidak cocok dengan penerbangan Garuda, kamu juga bisa mencoba penerbangan Singapure Airlines, Cathay, JAL, Malaysia Airlines, ANA dan lain sebagainya dengan kisaran harga tiket mulai dari Rp4.000.000 sampai Rp7.000.000.

Jika kamu ingin lebih murah lagi, kamu bisa menunggu saat event Travel Fair atau menggunakan kupon promo agen travel online seperti Tiket.com, AirAsiaGo, NusaTrip, Traveloka dan lain sebagainya.

Penginapan Hotel

hotel tokyo jepang

Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang tiket pesawat, sekarang kira-kira berapa ya biaya liburan ke Jepang ala Backpacker untuk masalah penginapan? Apakah sampai 2 juta untuk permalamnya?

Lagi-lagi coba kita berpikir rasional, ada harga ada kualitas. Maksudnya, semakin mahal harga penginapan disetiap malamnya, maka akan semakin berkualias pula penginapan tersebut baik dalam hal fasilitas, tempat tidur, suasana dan lain sebagainya.

Jika kita perhatikan, banyak hotel-hotel di negara Jepang khususnya di wilayah Tokyo yang kamarnya berukuran kecil. Hal ini dikarenakan banyak traveling solo baik dari dalam maupun luar daerah yang memilih penginapan hotel di wilayah Tokyo.

Tarif yang akan dikeluarkan pun benar-benar murni tarif untuk single bed.

Untuk hotel bintang 2, biaya penginapan per-malam yang dibandrol untuk single bed biasanya berkisar antara Rp400.000 sampai Rp600.000. Untuk double bed, biasanya dibandol dengan harga sekitar Rp780.000 sampai Rp1.040.000 untuk per-malamnya.

Jika kamu tidak suka tinggal di Hotel, kamu bisa kok mencari alternatif lainnya seperti menyewa rumah melalui situs online seperti airbnb.com. biasanya berbentuk layaknya rumah pada umumnya atau juga sebuah unit di Apartement.

Untuk 2 orang, rata-rata akan dibandrol dengan harga sekitar 45$ sampai 85$ untuk per-malamnya. Disini kamu juga akan diberikan banyak fasilitas seperti peralatan dapur, microwave dan lain sebagainya.

Jadi, kamu bisa masak sendiri.

Selain itu, banyak juga penginapan yang menawarkan fasilitas pocket wifi gratis yang bisa kamu bawa kemanapun kamu suka.

Apa sudah terbayang berapa biaya liburan ke Jepang ala Backpacker untuk masalah penginapan?

Transportasi

transportasi biaya liburan ke jepang ala backpacker

Jika kamu ingin berkunjung ke beberapa tempat wisata sekaligus, agar lebih murah kami sarankan untuk menggunakan transportasi kereta subway yang dibandrol seharga 200 yen per trip atau Rp26.000.

Lebih murah lagi jika kamu memesan tiketnya melalui Subway Pass layaknya di Tokyo. Ada banyak pilihan rute yang dimiliki kereta subway dan juga ada paket wisata.

Sebagai contoh menggunakan paket wisata Tokyo Subway 72-hour Ticket, disini kamu akan diajak berkeliling Tokyo sepuasnya dalam 3 hari dengan harga hanya 1.500 yen atau setara dengan Rp195.000 saja.

Silahkan pilih rute kereta subway sesuai dengan kebutuhanmu, biasanya para wisatawan akan menguras kantong lebih banyak untuk masalah transportasi.

Jadi, biaya liburan ke Jepang ala Backpacker untuk transportasi biasanya lebih mahal.

Makan

biaya sekali makan di jepang

Selanjutnya adalah hitungan dan biaya liburan ke Jepang ala Backpacker dalam bagian kuliner atau makanan. Jika kamu ingin berhemat, maka makanlah secukupnya dan pilihlah makanan yang tidak menguras kantong. Tentu saja harus memilih makanan yang sehat.

 Sekali makan, kamu akan mengeluarkan budged kisaran 300 sampai 700 yen atau setara dengan Rp39.000 sampai Rp91.000. dengan budged segitu, kamu sudah mendapatkan beef bowl, ramen, curry rice dan bento.

Untuk minumannya, kamu tidak perlu khawatir, karena banyak tempat makan yang memberikan minuman gratis kepada setiap tamu yang datang di tempat mereka. Jadi, kamu tidak perlu membeli minuman lagi.

Tak sedikit juga mereka yang terlalu mengikuti nafsu makannya sehingga mengeluarkan banyak biaya hanya untuk sekali makan saja. Kamu harus berhemat dalam hal biaya liburan ke Jepang ala Backpacker.

Tempat Wisata

tempat wisata gratis di jepang

Bersyukurlah karena di Jepang ini banyak tempat wisata menarik yang tidak memiliki tarif retribusi alias gratis. Kamu bisa puas menikmati keindahan dan panorama yang di suguhkan oleh tempat wisata tersebut.

Untuk menghemat biaya liburan ke Jepang ala Backpacker, kamu bisa berkunjung beberapa tempat wisata di Jepang gratis yang akan kami berikan listnya dibawah ini.

  • Omoide Yokocho
  • Odaiba
  • Kuil Gotokuji dan Surga Kucing
  • Kuil Meiji
  • Meguro Parasitological Museum
  • Islam Yokocho
  • Tempat Patung Kapten Tsubasa
  • Ginza Six

Atau jika kamu tidak memberatkan tentang biaya liburan ke Jepang ala Backpacker, kamu bisa berkunjung ke tempat wisata berbayar yang mana pemadangannya lebih spektakuler dibandingkan dengan yang gratis.

Total

total biaya liburan ke jepang ala backpacker

Pada bagian total ini, kami akan memberikanmu 2 buah tabel tentang biaya liburan ke Jepang ala Backpacker.

Tabel pertama untuk kamu yang liburan ke Jepang dengan jumlah keberangkatan 2 orang, berwisata 7 hari 6 malam, mengunjungi rute jalan Tokyo-Kyoto-Osaka. Tapi total biaya ini tetap dihitung untuk satu orang saja ya.

DetailBiayaNote
Tiket PesawatRp3.500.000 AirAsia
TransportasiRp3.784.000JPY 29,110 Japan Rail Pass
Tempat WisataRp390.000JPY 500 * 6
InternetRp650.000JPY 5000 sewa wifi
Transportasi LokalRp468.000JPY 600 * 6
Lunch dan DinnerRp780.000JPY 1000 * 6
Breakfast dan SnackRp312.000JPY 400 * 6
Penginapan/AirbnbRp3.000.000Rp 500,000 per orang * 6 malam

Total : Rp12.884.000 (Dua belas juta delapan ratus delapn puluh empat ribu rupiah)

Tabel kedua untuk kamu yang hanya berwisata di Tokyo saja selama 7 hari 6 malam dan mengunjungi sekitaran Hakone / Kawasaki & Yokohama. Biaya ini dihitung untuk satu orang.

DetailBiayaNote
Tiket PesawatRp3.500.000dengan AirAsia
Transportasi Antar-kotaRp741.000JPY 5700 (Hakone)
Tempat WisataRp390.000JPY 500 * 6
InternetRp650.000JPY 5000 sewa wifi atau beli sim card
Transportasi LokalRp468.000JPY 600 * 6
Lunch dan DinnerRp780.000JPY 1000 * 6
Breakfast dan SnackRp312.000JPY 400 * 6
Penginapan/AirbnbRp3.000.000Rp 500,000 per orang * 6 malam

Total : Rp 9.841.000 (Sembilan juta delapan ratus empat puluh satu ribu rupiah)

Kesimpulan

liburan backpacker jepang

Baiklah teman-teman Aliamaharani, itulah ulasan kami mengenai biaya liburan ke Jepang ala Backpacker. Jika sudah matang untuk merencanakan liburan ke Jepang, maka persiapkan terlebih dahulu apa yang akan dibutuhkan disana.

Kamu bisa liburan ke Jepang ala Backpacker bersama teman-teman mu atau bahkan kekasihmu. Banyak tempat wisata yang sangat menarik dan whort it untuk kamu kunjungi di Jepang.

Semoga artikel yang kami buat ini bisa bermanfaat bagi kamu yang ingin mengetahui berapa biaya liburan ke Jepang ala Backpacker.

Selamat berlibur ya!


FAQ

Berapa harga tiket pesawat dari Jakarta ke Jepang?

Tergantung dengan apa yang ingin kamu lakukan disana. Kisarannya adalah Rp 9.841.000 sampai Rp12.884.000

Berapa lama perjalanan ke Jepang?

Biasanya memakan waktu sekitar 7 sampai 8 jam untuk menuju ke Tokyo

Berapa harga tiket pesawat dari Jakarta ke Jepang?

Tergantung dengan penerbangan apa yang kamu gunakan. Biasanya berkisar di harga Rp3.200.000, Rp4.000.000, Rp5.600.000 sampai Rp6.000.000

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *