Gunung Telomoyo, Menikmati Pemandangan Gunung dengan Naik Motor

  • Whatsapp
Gunung Telomoyo

Aliamaharani.com: Gunung Telomoyo Salah satu gunung yang sangat Terkenal di wilayah semarang, meskipun lebih terkenal dengan letaknya yaitu Gunung Telomoyo Magelang, ada juga yang mengatakan Gunung Salatiga karena terlihat jelas dari sekitaran kota salatiga.

Jika anda melewati jalur Kota Salatiga dan jalur danau rawa pening anda akan melihat gunung ini di depan mata yang mana terlihat tidak terlalu besar, Dan lebih hebatnya lagi untuk menuju Wisata ini Bisa menggunakan Motor sampai ke puncak gunungnya.

Read More

Gunung ini memiliki ketinggian 1.894 MDPL (Meter di Atas Permukaan Laut), jika di ukur dari MDPL-nya gunung ini termasuk gunung dengan ukuran kecil dan merupakan salah satu Gunung berapi dengan berbentuk seperti strato (kerucut) tetapi belum pernah tercatat gunung ini meletus. Gunung Telomoyo ini terlihat dari kota-kota sekitarnya, seperti Salatiga, Ambarawa, Magelang. Gunung ini juga kelilingi oleh Gunung Merbabu, Gunung Andong, serta Gunung Ungaran.

Pemandangan Gunung Telomoyo

Seperti gunung pada umumnya, Telomoyo menyajikan pemandangan yang cukup luar biasa indah nan menakjubkan saat berada di puncaknya, yaitu pemandangan yang sangat menenangkan pikiran.

Anda bisa melihat Gunung merbabu, gunung andong, gunung sumbing dan sindoro dan semua gunung tersebut seakan berjejeran rapi.

Bukan hanya bisa melihat gunung saja, akan tetapi anda akan melihat luasnya danau Rawa Pening dari puncak gunung telomoyo ini.

Pemandangan yang indah dengan hiasan lautan awan biasanya juga bisa anda nikmati disini, dan saat musim cerah pastinya anda bisa melihat Kota salatiga, magelang.

Dan saat anda mencapai di puncak, anda akan melihat Tower-tower jaringan provider di atas gunung tersebut, adanya pembangunan disana adalah menandakan betapa mudahnya Rute menuju ke Puncak Gunung Telomoyo ini.

Baca Juga: Misteri Gunung Prau Dieng & Letaknya Kayangan Bukit Teletubbies

Gunung Telomoyo Naik Motor

Pernahkah anda berwisata ke puncak gunung sambil mengendarai motor? pasti jarang banget bukan? Tetapi untuk wisata ini anda bisa menuju sampai ke puncak dengan menggunkan motor.

Bukan hanya motor saja, naik ke Gunung telomoyo naik mobil juga bisa kok, walaupun rutenya kadang agak sempit tetapi anda bisa membawa mobil sampai di atas gunung.

Wisata Sekitaran Puncak Gunung

Saat anda ingin melakukan pendakian ke puncak gunung telomoyo ini, anda akan di suguhi beberapa wisata yang lagi ngetrend di wilayah itu, salah satunya yaitu Awang-Awang Sky View Telomoyo yang sedang ngehits dan Instagramable untuk berswaFoto.

Berikut Beberapa Wisata yang ada di wilayah Telomoyo:

Air Panas Di Candi Umbul

Pernahkan anda mendengar nama yang satu ini? Jika anda belum pernah mendengar apalagi berkunjung ke Air Panas ini, maka alangkah baiknya anda kami beritahukan disini.

Di lereng Gunung Telomoyo ini terdapat sumber air panas yang terletak di Candi Umbul yang berada di ketinggian 600 mdpl di sisi sebelah barat gunung Telomoyo, air panas mencapai suhu 35oC. Sumber air panas lainnya berada di sisi selatan Rawa Pening, 15 Km dari Candi Umbul ke arah utara dengan kehangatan airnya mencapai suhu 35oC.

Awang-Awang Sky View Telomoyo

Awang Awang Sky View ini merupakan salah satu objek wisata terbaru di wilayah Magelang yang baru beranjak viral diberbagai media sosial. Tempat ini tergolong apik dan masih sangat baru, karena baru mulai dibuka pada tanggal 18 Mei 2021 kemarin.

Lokasi Awang Awang Sky View

Lokasi wisata Awang Awang Sky View ini berada di daerah Ngablak yang mana tepatnya di kawasan Gunung Telomoyo. Tempat wisata ini dibangun di ketinggian 1.518 Mdpl Gunung Telomoyo Magelang. Tempatnya cukup luas, banyak spot untuk berswafoto yang instagramable dan dengan fasilitasnya yang cukup memadai, cocok buat spot liburan diakhir pekan.

Daya Tarik Awang-Awang Sky View

Apa sih daya tariknya dari Sky View di Telomoyo ini? Naahh Sebelum anda mengunjungi Wisata Awang Awang Sky View alangkah baiknya jika mengetahui beberapa daya tarik yang dimilikinya. Berikut dibawah ini daya tarik Awang Awang Sky View Telomoyo.

Menyajikan View Alam yang Menawan

Daya tarik utama yang membuat banyak wisatawan penasaran ialah lokasi dari tempat ini menyajikan view alam dengan ketinggian yang begitu indah. Mengingat lokasinya ini dibangun di Gunung Telomoyo membuat tempat ini dikenal sebagai titik terbaik untuk melihat empat gunung sekaligus, yaitu Merbabu, Andong, Sumbing, dan Sindoro.

Baca Juga: Layang Layang Resto & Rooftop Bar, Restoran Dengan View Terbaik di Semarang

Kabut Tebal Berasa di Atas Awan

Jika anda ingin serasa di atas awan, maka segeralah ke wisata ini, karena jika waktunya yang tepat atau pada musim dingin dan pagi hari, anda akan menikmati pemandangan seperti di negeri awas awan.

Tersedia Coffee Corner

Sudah tidak asing lagi bila mana ada wisata mewah pasti ada tempat untuk nongkrong, sama seperti tempat nongkrong Coffe Corner di Awang-Awang Sky View ini, memiliki berbagai macam menu makanan dan minuman yang harganya sangat terjangkau.

Fasilitas Lengkap

Berikut fasilitas lengkap di Awang Awang Sky View :

  • Area Parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Spot Foto
  • Gazebo
  • Coffee Corner
  • Fasilitas Protokol Kesehatan

Mengingat masih dalam pandemi, wisatawan diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan yang telah diterapkan.

Harga Tiket Masuk Awang Awang Sky View

Untuk memasuki lokasi wisata ini anda akan dikenakan biaya masuk yang berlaku, Tenaaaang!! Tidak mahal kok. Tiket masuk disana memang cukup bersahabat, hanya dengan membayar Tiket Masuk / HTM Awang Awang Sky View sebesar Rp 15.000. 

Dengan membayar tiket dengan harga yang sangat-sangat murah tersebut, wisatawan bisa dengan puas menikmati alam sekitar hingga foto-foto selfie sembari menikmati pemandangan yang memberikan kesegaran pada pikiran kita.

Jalur Pendakian Gunung Telomoyo

Dari titik awal pendakian di base camp Arsal hingga di pintu gerbang pendakian, pendaki akan disuguhi hamparan perkebunan warga yang ditanami berbagai macam sayuran. Sementara dari gerbang pendakian hingga Pos 1 masih ditemui banyak rumput gajah dan pepohonan.

Jalur pendakian menuju Pos 2 sampai Pos 3 didominasi oleh pohon pinus yang menambah sejuknya pendakian. Jika sudah memasuki area dengan vegetasi yang cukup lebat, itu tandanya pendaki akan segera sampai di Pos 3. Pos 3 dikenal dengan sebutan Terowongan Rengut, karena terdapat jalur pendakian yang menyerupai terowongan yang terbuat dari ranting-ranting pepohonan dan rerumputan liar.

Setelah melewati Terowongan Rengut, pendaki akan tiba di Pos 4 yang berupa tugu batas. Tugu batas merupakan sebuah bangunan yang dibuat sebagai tanda perbatasan dua daerah. Dari Pos 4 menuju Pos 5 (camp area), pendaki akan melalui jalur setapak dengan jurang di kedua sisinya.

Jika sampai di Pos 5 pendaki akan disambut dengan jajaran gunung-gunung yang berada di Jawa Tengah, seperti Gunung Merbabu, Merapi, Sindoro, Sumbing, Andong, Ungaran, dan Gunung Prau. Malam harinya pendaki juga akan dihibur dengan gemerlap lampu-lampu kota sekitar Gunung Telomoyo.

Tiket Masuk Gunung Telomoyo

Sama Hal-nya dengan masuk ke Wisata Awang-awang Sky View, untuk memasuki area gunung ini hanya di kenakan tarif angat murah meriah, yaitu cukup 10 ribu rupiah saja.

Jika sudah sampai di atas dan parkir, anda akan di kenakan biaya 5 ribu rupiah per kendaraan roda 2. sunggu amat sangat murah meriah ya geesss?

Misteri Gunung Telomoyo

Di tempat manapun, bahkan di sekeliling kita saat ini, bahkan di sekitar rumah kita, pasti terdapat sebuah misteri atau hawa mistis, begitupun gunung yang mana lebih luas tempanya dan lebih banyak yang tidak terjamah kaki manusia, pasti lebih mistis daripada sekeliling kita.

Tewasnya Seluruh Kru Pewayangan di Kaki Telomoyo

Konon ratusan tahun lalu di kaki Gunung Telomoyo pernah terjadi sebuah tragedi dimana seluruh kru pewayangan yang sedang pentas mendadak tewas secara tiba-tiba. Kejadian tersebut terjadi di Dusun Sepayung, Desa Pandegan, Kecamatan Ngablak, Magelang.

Saat itu pertunjukan wayang sedang dipentaskan di malam yang dingin. Entah darimana, angin kencang tiba-tiba berhembus di tengah keramaian suasana pertunjukan. Pohon-pohon berjatuhan, beberapa pohon menimpa panggung utama hingga rubuh. Seluruh kru tertimpa dan meninggal. Sejak itu, tidak ada lagi masyarakat setempat yang berani menggelar pertunjukan wayang atau sekadar bunyi-bunyian gamelan.

Suasana Mistis Pendakian Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo memiliki dua jalur pendakian, selain jalur yang dapat dilalui motor juga terdapat satu jalur lain yang khusus untuk pendakian. Jalur satu ini cenderung lebih sepi dan lebih sering digunakan untuk bermalam dengan mendirikan tenda. Berbagai kejadian mistis seringkali menghantui para pendaki ini. Mulai dari aroma wangi bunga-bunga, hingga keramaian yang seolah-olah seperti sedang berada di pasar.

Seorang pendaki bercerita pengalamannya bermalam di puncak Gunung Telomoyo. Saat akan beranjak tidur ia mencium aroma ubi bakar yang menyengat, kemudian berubah menjadi aroma busuk bangkai hewan, lalu berubah lagi menjadi wangi mawar, dan terakhir melati.

Kesimpulan

Demikian sedikit dari informasi tentang Gunung Telomoyo ini semoga menambah wawasan anda para traveling, dan jangan lupa untuk tidak membuang sampah di atas gunung, berzina di atas gunung, maupun melakukan hal yang tidak terpuji.

Tetap jaga Kelestarian gunung dan alam kita. Salam Traveling.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *