Menikmati Suasana Alam di Hutan Mangrove Surabaya

  • Whatsapp
hutan mangrove surabaya

Kota pahlawan memang tidak pernah habis untuk mengulas tempat wisata, buktinya ada di hutan mangrove Surabaya yang akan membawa pengunjung sangat menyatu dengan alam. Kita semua sering mengenal bahwa fungsi dari hutan mangrove adalah untuk mencegah terjadinya erupsi laut atau sungai, namun terdapat sisi negatif juga, yaitu banyak nya nyamuk yang berkeliaran.

Pada dasarnya, Surabaya masih baru baru ini membangun suatu tempat wisata hutan mangrove yang berlokasi di Wonorejo, terhitung sejak hingga tahun 2021 sekarang, wisata hutan mangrove Surabaya sudah berumur 11 tahun. Sampai saat ini, hutan mangrove masih dalam tahap pengembangan dan terus dikembangkan agar makin banyak wisatawan yang berkunjung.

Read More

Sebelumnya, Surabaya juga memiliki wisata yang menyatu dengan alam lainnya, seperti Surabaya North Quay yang berada di bagian utara kota Surabaya. Anda pun akan dibawa menikmati senja di sore hari dengan pemandangan matahari terbenam, untuk anak milenial sepertinya tidak boleh melewati momen yang satu ini.

Sejarah Hutan Mangrove Surabaya

Berdasarkan sumber informasi terpercaya, kawasan hutan mangrove ternyata didirikan sendiri oleh warga Wonorejo atas inisiasi nya, karena melihat lokasi pantai timur Surabaya yang kerap kali mengalami abrasi. Jika tidak ada bantuan pohon mangrove, mungkin area pantai Surabaya akan lebih mudah terkena hempasan ombak besar, namun dengan adanya mangrove, setidaknya kejadian tersebut dapat diminimalisir.

Sebagai warga Surabaya, kita patut bersyukur atas inisiasi yang telah dilakukan oleh masyarakat setempat. Karena saat ini kepengurusan hutan mangrove telah diambil alih oleh Pemerintah Kota Surabaya, dengan harapan bisa mengelola nya menjadi lebih baik.

Menariknya, di kawasan hutan mangrove juga sudah menjadi seperti tempat penangkaran hewan liar juga seperti kera ekor panjang dan satwa burung lainnya.

Alamat Hutan Mangrove Surabaya

hutan mangrove surabaya

Berlokasi masih di Surabaya bagian timur, hutan mangrove ini menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan. Tepatnya berada di Jl. Raya Wonorejo No. 1 Kec. Rungkut, Kotaa Surabaya, Jawa Timur. Namun, bila Anda sering mendengar sebutan wisata gunung anyar, atau mangrove gunung anyar, itu sama seperti hutan mangrove yang berada di wonorejo, karena lokasinya juga dekat dengan gunung anyar.

Rute Menuju Hutan Mangrove Surabaya

Dalam artikel ini, kami juga ingin memberikan sedikit sharing terkait rute bagaimana cara Anda bisa menuju ke lokasi wisata mangrove, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Bila kalian menggunakan kendaraan pribadi, dan berasal dari luar kota. Kami sarankan untuk bisa turun di exit tol tambak sumur yang dari rungkut, setelah itu pergi menuju jalan merr, atau mudah nya bisa mencoba untuk menuju ke kampus Stikom Surabaya. Setelah menemui lokasi kampus stikom, Anda bisa langsung mengikuti jalan wonorejo hingga ketemu hutan mangrove di ujung jalan.

Jika kalian menggunakan transportasi umum, mungkin rute perjalanan akan semakin lama. Contohnya bila dari stasiun kereta api wonokromo, Anda harus berjalan kaki terlebih dahulu keluar stasiun, sampai ke arah jagir atau daerah waduk air, setelah itu tinggal menunggu angkutan kota dengan kode kendaraan Lyn U yang mengarah ke wonorejo, setelah itu bisa turun daerah Wonorejo, namun masih butuh ojek untuk menuju lokasi wisata atau pilihan nya jalan.

Sebagai panduan jika Anda memilih untuk menggunakan transportasi taxi online, kami akan melampirkan alamat hutan mangrove Surabaya berdasarkan lokasi google maps yang akurat di bawah ini.

Tiket Masuk Hutan Mangrove Surabaya

Harga tiket masuk menuju hutan mangrove ternyata tidak terlalu mahal, dan masih terjangkau untuk ukuran kantong mahasiswa. Anda perlu menyiapkan setidaknya 25rb untuk tarif dewasa dan 15rb untuk anak anak. Biaya tersebut sudah termasuk sewa perahu juga loh, sangat murah bukan! Tetapi jika Anda ingin menaiki speed boat yang hanya berkapasitas 6 orang, terdapat biaya tambahan dan ongkos nya pun cukup mahal, sekitar 200rb untuk satu orang.

Sedangkan untuk biaya parkir jika Anda mebawa kendaraan pribadi, tarif nya pun masih sangat terjangkau. Masih mahal tarif parkir masuk mall di Surabaya, cukup 2rb saja untuk motor dan 5rb untuk kendaraan mobil. Nah, dari tawaran harga yang diberikan sangat menarik bukan untuk dikunjungi.

Namun, jika kalian mempunyai hajat tertentu dan ingin private atau ingin melakukan foto pernikahan dengan latar belakang hutan mangrove, Anda bisa menghubungi hotline marketing hutan mangrove nya di nomer (031) 879 6880. Semoga membantu untuk menjadi rekomendasi foto prewed kalian ya gengs!

Daya Tarik Hutan Mangrove Surabaya

hutan mangrove surabaya

Untuk standar tempat wisata, tentunya hutan mangrove memiliki daya tarik tersendiri agar dapat mengikat banyak pengunjung yang ingin terus mendatangi ekowisata nya. Terlebih saat musim pandemi seperti ini, kita perlu membangkitkan kembali sektor pariwisata yang ada di Surabaya khusus nya, agar para pengurus nya pun bisa mendapat pemasukan lebih dan bisa berbenah.

Spot Foto Menarik

Bagi Anda yang senang sekali melakukan foto foto, tempat ini menjadi rekomendasi terbaik dengan latar belakang alam. Pasalnya, jembatan kayu yang dibuat oleh pengurus hutan mangrove sangat aestetic untuk mengambil beberapa foto, terlebih terdapat cukup banyak gazebo juga untuk beristirahat sekaligus bisa untuk mengambil gambar. Tentunya, jangan sampai ketinggalan kamera DSLR kalian jika berkunjung ke sini, akan banyak momen indah yang bisa diabadikan.

Tempat Singgah Burung

Namanya juga pohon mangrove, pastinya akan banyak sekali burung pantai yang singgah. Hanya sekedar untuk migrasi ataupun ingin berkunjung saja, karena burung pantai memiliki kebiasaan hal tersebut, seperti di kampung blekok, yang menjadi tempat transit burung burung pantai lainnya. Setelah ini, mungkin kita akan membahas kampung blekok.

Dengan luas area mencapai 200 hektar, tentunya banyak sekali jenis burung yang mungkin tidak bisa terdata satu persatu di hutan mangrove. Tidak hanya burung saja, terdapat banyak hewan lain nya yang menjadi dalam lindungan hutan mangrove Surabaya.

Menanam Pohon Mangrove

Kesempatan untuk belajar menanam pohon mangrove menjadi suatu hal yang sangat berharga, sisi lain kita bisa ikut andil dalam melestarikan alam, sisi baik nya juga kita mendapat pengetahuan bagaimana cara menanam pohon mangrove, Anda juga bisa meletakkan nama siapa penanam nya.

Hal tersebut tentunya tidak bisa kalian dapatkan di mana pun kecuali hanya di hutan mangrove. Sebelumnya sebagai informasi tambahan, pohon mangrove itu sama dengan pohon bakau ya gengs, supaya tidak ada perdebatan di antara kita.

Setelah membaca ulasan menarik terkait hutan mangrove wonorejo Surabaya, sudahkah kalian tertarik untuk mengunjungi nya? Jangan lupa untuk tetap patuhi protokol kesehatan juga ya gengs, selamat berlibur!

FAQ

Apakah hutang mangrove Surabaya masih tetap buka saat pandemi?

Masih, bahkan jam oprasional nya beranjak normal. Tidak perlu khawatir, pihak pemkot telah menyediakan sesuai standar kesehatan yang berlaku.

Apakah ada lokasi tempat makan di hutan mangrove?

Sejauh ini, food court masih belum ada di sana. Namun, bila Anda ingin pikinik atau membentang tikar sangat dibolehkan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *