Wisata Kebun Kurma Pasuruan Pertama di Indonesia

  • Whatsapp
kebun kurma pasuruan

kebun kurma pasuruan pertama di Indonesia, saat mendengar buah kurma, pasti dalam pikiran Anda membayangkan buah yang hanya tumbuh di timur tengah, ajaibnya ternyata pohon ini bisa tumbuh juga di tanah Indonesia, tepatnya di daerah pasuruan. Lokasi yang jarang orang tahu keberadaan nya, karena akses menuju ke sana pun cukup susah, oleh sebab itu perlunya pengenalan lebih lanjut tentang objek wisata ini.

Buah yang terkenal dengan ciri khas orang arab dan menjadi hidangan favorit saat bulan suci ramadhan ini pun menjadi daya tarik tersendiri bagi warga lokal, terlebih masyarakat luar pasuruan. Tidak heran, buah yang dikenal dengan sejuta manfaat dan merupakan buah yang dianggap sunnah bila mengkonsumsi nya bisa membawa berkah tersendiri.

Read More

Setelah menikmati wisata di kota batu, seperti selecta batu malang yang terkenal, dan ada juga museum angkut batu malang, tidak ada salah nya Anda turun sedikit ke arah pasuruan dan menikmati petik buah kurma sendiri langsung dari pohon nya, kemudian bisa mengabadikan dengan swa foto bersama kerabat.

Hal yang semakin membuat menakjubkan adalah terdapat ratusan pohon yang berada di kebun kurma pasuruan, dengan kata lain tanah di pasuruan sangat cocok untuk ditanami pohon khas timur tengah ini. Pasal nya kita ketahui bersama bahwa pohon kurma dapat tumbuh di area tanah kering ataupun nyaris gersang.

Alamat Kebun Kurma di Pasuruan

kebun kurma pasuruan

Bagi Anda yang sudah penasaran ingin mengunjungi lokasi kebun kurma pasuruan, bisa langsung mengunjungi di alamat desa sukorejo, kecamatan sukorejo, pasuruan, jawa timur. Dengan luas wilayah wisata lebih dari 3 hektar ini, membuat para pengunjung akan merasakan nyaman dan cukup puas dengan pemandangan yang disediakan.

Ide “gila” untuk membangun wisata kebun kurma tersebut, ternyata berasal dari salah seorang pemilik lahan sendiri, yaitu bapak HM Roeslan. Inisiasi nya pun muncul ketika melihat kebun kurma yang ada di Thailand, tanpa pikir panjang pun pak Roeslan langsung merealisasi kan nya di daerah pasuruan.

Beliau membeli bibit kurma nya langsung ke jakarta, dan hebatnya salah satu jenis pohon kurma yang berhasil tumbuh di pasuruan adalah jenis kurma azwa. Namun, tidak sampai di situ, beliau juga menambahkan jenis pohon lain nya, seperti buah tin, buah delima, pohon siwak, dan zaitun sebagai variasi agar pengunjung tidak bosan.

Rute ke kebun kurma pasuruan terbilang cukup sulit, karena jauh dari akses transportasi umum. Jadi kami sarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi ataupun taxi online jika ingin mengeluarkan biaya lebih mahal. Jangan khawatir, dalam artikel ini kami memberikan titik kordinat sesuai kebun kurma nya kok, agar kalian tidak akan kesasar jika berada di sana, silahkan klik maps di bawah ini.

Harga Tiket Masuk Kebun Kurma Pasuruan

Sebagai salah satu objek wisata yang memiliki banyak pengunjung, kebun kurma ternyata tidak mematok harga mahal untuk tiket masuk nya, cukup sediakan uang 5rb saja tiap orang nya untuk bisa masuk, namun jika Anda membawa kendaraan pribadi tentunya dikenakan biaya 2rb rupiah untuk motor dan 5rb rupiah untuk mobil, cukup terjangkau sekali kan gengs.

Jangan khawatir tidak kebagian tempat parkir, karena di kebun kurma memiliki lahan parkir yang cukup luas. Karena sebagai salah satu standar wajib tempat wisata adalah memiliki lahan parkir, hal itu perlu dilakukan untuk mengatasi membludak nya jumlah pengunjung.

Dengan harga masuk 5rb rupiah, kami menganggap bahwa itu termasuk harga yang sangat murah untuk tempat wisata. Terlebih manfaat nya kita juga bisa memetik langsung buah kurma nya, apalagi kita juga bisa melihat langsung namanya pohon kurma itu seperti apa. Meskipun belum pernah pergi ke timur tengah.

Wisata Kebun Kurma Pasuruan

kebun kurma pasuruan

Nah, untuk ini kami akan membahas aneka ragam lain nya yang membuat Anda tidak bosan bila berada di objek wisata tersebut. Karena menurut penilaian kami pribadi, seorang owner nya cukup cerdas dalam mengelola objek wisata sehingga membuat pengunjung nyaman, pasalnya ditambahkan berbagai macam wahana bermain lain nya.

Wahana Bermain ATV

Dengan luas lahan lebih dari 3 hektar dan dataran lebih optimal dengan tanah, pak Roeslan menambahkan wahana bermain untuk mereka yang ingin berkeliling dengan menggunakan ATV, atau jenis kendaraan bermotor roda 4 khusus off road. Jadi, jika Anda cukup malas untuk berkeliling dengan jalan kaki, tidak ada salahnya untuk menyewa ATV untuk berkeliling.

Untuk harga sewa nya, Anda bisa langsung menghubungi pihak perkebunan yan gengs. Yang jelas tidak terlalu mahal dalam sekali sewa nya, jangan khawatir tidak bisa mengendarai nya. Karena ATV adalah jenis kendaraan roda 4 dan tidak memerlukan memasukkan gigi agar bisa jalan, atau istilah lain kendaraan matic yang tinggal gas saja.

Replika Pesawat Boeing 737

Memang tidak ada hubungan nya dengan kebun kurma, namun replika pesawat ini terpajang jelas di lokasi wisata kebun kurma milik pak Roeslan. Dengan keberadaan pesawat tersebut, tentunya tidak ingin dilewatkan juga oleh pengunjung untuk mengambil gambar dengan latar belakang pesawat, jadi jangan sampai ketinggalan semua momen saat berada di sini ya gengs, dijamin tempat nya bagus.

Replika Tembok Kabah

Agar sedikit terbwa suasana seperti di timur tengah tepat nya di arab saudi, di kebun kurma pasuruan juga disediakan replika tembok kabah juga loh. Namun ini tidak seutuhnya kabah ya gengs, karena hanya tembok nya saja. Meskipun demikian, masih banyak kok pengunjung yang ingin mengabadikan momen tersebut dengan ber swa foto bersama kerabat.

Replika Sayap Kupu-kupu

Spot foto yang menurut kami menarik lainnya adalah replika sayap kupu-kupu, tentunya bagi kaum hawa banyak yang ingin mengambil foto di sana, karena replika nya pun cukup bagus dan telah disesuaikan dengan ukuran tubuh manusia. Pastinya tidak akan mengecewakan bila berada di kebun kurma pasuruan.

Sedangkan untuk fasilitas yang ada di kebun kurma, ternyata sudah terbilang cukup lengkap. Hal yang paling penting untuk mendirikan tempat wisata adalah

  • Toilet
  • Mushola atau tempat ibadah
  • Parkir luas
  • Tempat makan

Dari ke empat elemen di atas, wisata kebun kurma di pasuruan sudah memiliki semuanya. Jadi, bagi Anda yang baru pertama kali berkunjung tidak perlu khawatir lagi bila kelaparan atau kebelet buang air.

FAQ

Hari apa saja kebun kurma pasuruan buka, dan jam oprasional nya?

Kebun kurma pasuruan buka setiap hari ya, dan untuk jam oprasional nya mulai dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

Kapan pohon kurma nya berbuah?

Pohon kurma di perkebunan pasuruan biasa berbuah disetiap bulan ramadhan atau memasuki hari raya idul fitri

Apakah perlu surat kesehatan bebas covid untuk berkunjung ke sana?

Tidak perlu, cukup patuhi protokol kesehatan saja, minimal mengenakan masker.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *