Liburan di Aceh yang Menyenangkan untuk Anda dan Keluarga

  • Whatsapp

Destinasi liburan di Aceh memang tidak boleh sampai terlewatkan. Tidak hanya berwisata, namun jangan lupa untuk menjajal kuliner khasnya dari negeri Serambi Mekah ini. Nyatanya wisatawan asing pun sudah seringkali berkunjung ke sini demi melihatnya secara langsung.

Kenapa Aceh Menjadi Ikon Wisata Indonesia?

Ada banyak sekali tempat wisata yang menjadi ikon khas dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Daerah paling barat dari Indonesia ini memiliki daya tarik alam yang luar biasa. Baik itu pantai sampai gunung yang indah.

Read More

Setelah mengalami kerusakan berat akibat bencana tsunami di tahun 2004 silam, Aceh kini berhasil bangkit. Pemerintahan setempat kini telah memulai untuk menata kembali kawasan yang dulunya sempat porak poranda.

Aceh pun berhasil menata kembali sektor pariwisatanya dengan baik. Tidak heran jika kini sudah banyak dijumpai beragam destinasi liburan ketika Anda sedang berkunjung ke sana. Baik wisata alam maupun di perkotaan.

3 Pilihan Tempat Liburan Legendaris di Aceh

Bagi Anda yang memiliki rencana untuk berlibur ke Aceh, jangan lupa merencanakan terlebih dahulu akan menghabiskan waktu kemana saja. Berikut adalah tiga rekomendasi tempat liburan selama berlibur ke sana.

  1. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid ini dibangun oleh Sultan Iskandar Muda di tahun 1612 silam. Bangunan megah ini menjadi ikon khas dari Aceh. Kubah hitam besar yang dikelilingi tujuh menara di sekelilingnya dianggap sebagai gedung utamanya.

Baca Juga: Seri MotoGP Mandalika 2021 Punya 9 Fakta Menarik!

Kesan megah semakin terlihat dengan adanya kolam besar yang dilengkapi pancuran air. Konsep seperti ini justru mengingatkan pada bangunan Taj Mahal di India. Masjid ini tidak hanya dianggap sebagai wisata religi namun juga memiliki nilai historisnya sendiri.

  1. Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh dibangun menjadi monument yang simbolis setelah terjadi bencana tsunami 2014 silam. Bangunan ini menyimpan segala kenangan terkait dengan Aceh baik sebelum dan sesudah dilanda musibah ini.

Desain interior terlihat sangat apik dengan adanya dinding relief lantaran ditutup oleh relief geometris. Museum ini buka selain di hari Jum’at. Pengunjung bisa menikmatinya secara gratis sehingga sayang jika dilewatkan.

  1. Pemandian Air Panas Ie Suum

Pemandian air panas ini berada di desa Ie Suum, Kecamatan Mesjid Raya Kab Aceh Besar. Di lokasi ini, Anda akan menemukan dua buah kolam besar dimana masing-masing untuk perempuan dan laki-laki. Anak-anak pun juga bisa berenang dengan ketinggian yang lebih dangkal.

Selain itu,juga bisa langsung menikmati keindahan alam bukit yang sangat asri. Fasilitas pemandiannya pun sangat lengkap. Setiap pengunjung bisa menggunakan mushola, warung makanan, tempat bermain dan juga lainnya.

Daftar Kuliner Khas Aceh

Tidak hanya menikmati liburan di tempat wisata saja, Anda pun juga harus menjajal kuliner khasnya. Sebenarnya ada banyak sekali hidangan yang memiliki cita rasa asli dari Aceh ini sehingga sangat disayangkan jika belum mencobanya ketika berkunjung kesini.

  1. Kopi Sanger

Bagi Anda pecinta kopi dan kebetulan sedang berkunjung ke Aceh, maka cobalah untuk menjajal Kopi Sanger yang merupakan kopi tradisional khas Aceh. Rasanya sangat berbeda daripada jenis lainnya. Minuman ini sendiri perpaduan dari kopi hitam, susu kental manis dan adanya campuran gula.

Cara membuat kopi sanger pun dinilai unik sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pembelinya. Kopi hitam disaring menggunakan saringan kerucut untuk kemudian ditarik ke atas. Rasanya pun tetap kuat meskipun terdapat campuran susu dan gula sehingga tidak terlalu manis.

  1. Mie Aceh

Hidangan menarik lainnya yaitu Mie Aceh baik disajikan dengan digoreng atau menggunakan kuah. Keduanya sama-sama mempunyai cita rasa yang pedas sehingga recommended jika Anda menyukai makanan seperti ini. Hidangan ini memiliki tekstur sedikit berbeda dan bentuknya mirip mie lidi

Mie Aceh akan disajikan menggunakan berbagai campuran rempah-rempah khas dari Aceh. Selanjutnya Anda bisa menikmatinya bersamaan dengan sayuran tauge dan beragam jenis lauknya. Ada bermacam-macam tambahan mulai dari irisan daging sapi, seafood dan masih banyak lagi.

  1. Sie Reuboh

Kuliner khas berikutnya yang menarik yaitu Sie Reuboh dimana mempunyai arti daging rebus. Makanan ini berbahan dasar daging sapi dan bumbu santan. Makanan ini memiliki cita rasa rempah sangat kuat lantaran bumbunya memang digunakan cukup banyak saat proses pengolahan.

Sie Reuboh akan dimasak menggunakan bawang putih, cabai rawit, bawang merah, cabai merah, merica dan masih banyak lagi. Hal ini membuat rasanya semakin kuat terutama pada rempahnya. Tekstur dagingnya pun juga empuk karena dimasak dalam waktu cukup lama.

  1. Sayur Pliek U

Hidangan lainnya yakni Sayur Pliek u, menjadi menu wajib dicoba karena seringkali hadir dalam setiap hajatan. Banyak warga asli Aceh menyebutnya dengan sebutan Kuwah Pliek U. Sayangnya makanan ini sudah jarang dijumpai sehingga Anda harus jeli untuk menemukannya jika ingin mencobanya.

Sayur Pliek U ini merupakan hidangan sejenis gulai yang memiliki banyak sekali sayur dan rempah. Keduanya akan dimasak bersama sehingga memiliki cita rasa khas. Sementara arti dari pliek u sendiri merupakan fermentasi kelapa.

  1. Ayam Tangkap

Ayam Tangkap merupakan sajian ayam kampung yang digoreng bersamaan dengan bumbu dan rempah. Contohnya yakni daun kari, daun temurui, daun pandan, daun salam koja dan masih banyak lagi.

Bumbu yang digunakan pun juga beragam mulai dari cabai hijau, bawang putih dan bawang merah. Ciri khas hidangan ayam tangkap terletak dari rempah-rempahnya terutama daun temurui digoreng kering.

Itulah tadi beberapa rekomendasi liburan di Aceh serta hidangan khas dari provinsi tersebut. Indonesia sendiri sudah dianggap memiliki beragam jenis budaya termasuk dengan tempat wisata dan makanan aslinya.

Related posts