Liburan di Padang, Banyak Tujuan Wisata Tidak Bisa Dilupakan

  • Whatsapp

Mulai dari pantai hingga tempat legendaris lainnya, Anda bisa mencoba untuk berkunjung ke kota Padang ini dengan berbagai rekomendasi tujuan. Tidak sedikit dari pengunjung justru merasa kebingungan ketika hendak menentukan tempat wisata saat liburan di Padang.

Tempat Wisata Legendaris di Padang

Kota Padang merupakan ibukota dari Provinsi Sumatera Barat yang terkenal dengan legenda Malin Kundang serta Siti Nurbaya. Tentu akan terdengar menarik apabila Anda berkesempatan untuk mengunjungi tempat wisata legendaris seperti berikut ini:

Read More

  1. Museum Adityawarman

Museum ini merupakan museum paling terkenal di Kota Padang. Bangunan ini didirikan semenjak tahun 1974 yang tidak hanya menjadi ikon dari kota ini melainkan dianggap sebagai tujuan wisata wajib dikunjungi.

Singkatnya, Museum Adityawarman merupakan Taman Mini dari Kota Padang itu sendiri. Museum ini berada di atas tanah dengan luas 2,6 hektar yang menjadi tempat menyimpan dan menjaga berbagai macam benda bersejarah.

  1. Miniatur Makkah

Sesuai dengan namanya, Miniatur Makkah ini merupakan objek wisata religi yang berada di Lubuk Minturun. Daerah ini sudah dibangun semenjak tahun 2010 lalu sehingga masih terbilang baru untuk dikunjungi.

Menariknya, kini sudah banyak pengunjung yang meramaikan Miniatur Makkah karena memiliki bentuk mirip seperti aslinya. Bangunan ini juga sering digunakan untuk pelatihan bagi orang-orang akan berangkat ke tanah suci.

  1. Jembatan Siti Nurbaya

Sementara tujuan satu ini merupakan jembatan yang ikonik dimana namanya diambil dari kisah terkenal dari Padang. Jembatan Siti Nurbaya menawarkan pemandangan indah dan menyejukkan mata sehingga cocok untuk Anda jika menyukai wisata alam.

Setiap kali sedang menyaksikan Jembatan Siti Nurbaya, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan kapal laut sedang berlalu lalang. Menariknya lagi jika berkesempatan untuk menikmati indahnya matahari tenggelam ketika sore hari.

  1. Air Terjun Tiga Tingkat

Wisata alam satu ini berlokasi di Desa Cendikar. Air Terjun Tiga Tingkat merupakan destinasi yang dinilai cukup misterius di Padang. Pasalnya karena tidak banyak orang mengetahuinya sehingga hanya dijumpai sedikit wisatawan untuk berkunjung ke sana. Informasi mengenai daerah ini pun juga jarang.

Sesuai dengan namanya, air terjun ini memiliki tiga tingkat sehingga tidak semua orang bisa menikmati setiap tingkatan tersebut. Pasalnya beberapa jalanannya memang terjal dan licin sehingga. Para wisatawan diharuskan untuk merangkak terlebih dahulu jika ingin sampai ke puncaknya.

  1. Masjid Tuo Kayu Jao

Disebut memiliki nilai legendaris sendiri, pasalnya Masjid Tuo Kayu Jao ini dinilai memiliki bukti sejarah dari kejayaan Islam yang ada di Padang. Bentuk bangunannya pun terlihat unik sehingga tampak berbeda dengan gaya arsitektur saat ini. Tempat wisata ini cocok dikunjungi jika ingin berwisata rohani.

Masjid Tuo Kayu Jao menjadi masjid yang paling tua berdiri di tanah Minangkabau. Usianya sendiri dikabarkan sudah mencapai 400 tahun sehingga memiliki nilai sejarah tersendiri. Lokasinya pun juga sangat eksotik karena masih dikelilingi oleh bentangan pemandangan alam di sekitarnya.

  1. Goa Batu Kapal

Bagi Anda yang ingin mengunjungi gua di Padang, maka bisa berkunjung ke Goa Batu Kapal. Tentu saja destinasi wisata seperti ini memiliki nilai legenda tersendiri. Terutama jika menikmati ribuan stalagtit dan stlagamitnya.

Goa Batu Kapal berada di kawasan perkebunan sawit yang paling besar di daerah Solok Selatan. Wisata alam ini menjadi salah salah satu destinasi ramai dikunjungi untuk saat ini lantaran adanya hiasan dinding menjulang tinggi.

  1. Masjid Raya Sumatera Barat

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan salah satu landmark dari Padang ini. Terutama jika memperhatikan bentuk asli pada rumah adat Minangkabau. Jadi jangan ragu sejenak beristirahat di Masjid Raya Sumatera Barat.

Nyatanya, bangunan besar ini merupakan landmark terbaru dari Padang dan Sumatera Barat. Masjid ini mempunyai bentuk dengan mengadopsi rumah adat asli Minangkabau. Bagi Anda yang suka dengan wisata religi, maka masjid raya ini patut dikunjungi.

Sejarah Jam Gadang

Satu ikon paling menarik di daerah ini yakni adanya Jam Gadang. Bangunan ini merupakan peninggalan di masa Hindia Belanda. Menara jam ini menjadi kebanggaan dari warga setempat ditunjukkan melalui hiasan souvenir.

Jam Gadang didirikan oleh Hindia Belanda atas perintah Ratu Wilhelmina. Jam ini menjadi hadiah hadiah bagi sekretaris Kota Bukittinggi yang saat itu menjabat yaitu HR. Rook Maker. Sementara konstruksi aslinya dibangun oleh Jazid Rajo  Sutan Ameh, arsitek asli dari Minangkabau.

Monumen Jam Gadang setinggi 26 meter ini dianggap menjadi titik nol dari Kota Bukittinggi. Konstruksinya tidak menggunakan rangka logam melainkan disusun dari campuran putih telur, batu kapur dan juga pasir.

Transportasi Umum di Padang

Bagi sebagian wisatawan, mereka lebih memilih untuk menggunakan transportasi umum daripada menggunakan kendaraan pribadi. Pasalnya beberapa alasan menunjukkan jika hal ini akan menghemat pengeluaran ketika di sana.

Begitupun ketika sedang berkunjung di Padang, Anda bisa menggunakan transportasi umum di darat melalui angkot dimana rutenya juga cukup beragam. 90% trayek sudah dipastikan akan berputar di kawasan Pasar Raya Padang. Sementara pilihan lain, dapat memilih bentor atau becak motor.

Lain halnya ketika Anda ingin mengunjungi pulau-pulau kecil di sekitar Padang. Pilihannya yakni dengan menggunakan transportasi laut atau udara. Cari saja jasa sewa kapal atau boat untuk pulang pergi. Hal ini akan berlaku ketika melakukan penyeberangan di Kabupaten Mentawai.

Itulah tadi beberapa hal menarik ketika Anda sedang melakukan liburan di Padang. Nyatanya kota ini menyimpan berbagai sejarah di baliknya sehingga sangat menarik untuk diketahui. Anda bisa sekaligus belajar nilai historis ini dengan mengunjungi rekomendasi tujuan wisata seperti di atas.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *