Sambut MotoGP Mandalika 2021 Dan Perkembangan Terbarunya

  • Whatsapp
MotoGP Mandalika 2021

MotoGP Mandalika 2021 | Sirkuit MotoGP yang berada di Mandalika dipersiapkan untuk perhelatan laga balap MotoGP 2021. Untuk pertama kalinya, Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP dan tengah membangun lintasan untuk ajang bergengsi itu.

Berdasarkan laman resmi MotoGP, ajang balap internasional itu akan berlangsung Oktober 2021 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Read More

Jelang akhir tahun 2020, pembangunan konstruksi dan infrastruktur masih berjalan. Mandalika Grand Prix Association (MGPA), selaku promotor MotoGP menargetkan pekerjaan Sirkuit Mandalika untuk MotoGP Indonesia akan rampung pada Juli 2021. Di tengah pandemi Covid-19 seperti ini, bagaimana progresnya?

Chief Strategic and Communication Officer MGPA, mengatakan bahwa progres pengerjaan konstruksi Sirkuit MotoGP Mandalika 2021 sudah mendekati 50 persen. Pekerjaan konstruksi yang dimaksud adalah pekerjaan tanah, pembuatan drainase, hingga proses sub-base, lapisan atas sebelum aspal.

Proyek Sirkuit Mandalika melibatkan hingga 7.500 pekerja, sebagian besar putera daerah warga lokal NTB juga ikut di dapuk menjadi staf teknis dari proyek pembangunan tersebut.

Desain Sirkuit MotoGP Mandalika 2021

MotoGP Mandalika 2021

Proyek pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok, NTB tengah digenjot agar bisa rampung pada Juli 2021. Sirkuit Mandalika dibangun dengan konsep lintasan jalan raya. Tentunya akan berbeda dengan lintasan yang sudah ada seperti di Monaco, Singapura apalagi Macau, karena Sirkuit Mandalika menyuguhkan pemandangan yang eksotis seperti bukit dan pantai. Selain itu kalau sedang tidak digunakan, sirkuit ini bisa dilewati oleh penduduk lokal.

Sirkuit dengan rentang lintasan sepanjang 4,32 kilometer ini terdiri dari 18 tikungan dan punya runoff layaknya sirkuit modern. Dan semua telah dilengkapi dengan perangkat keselamatan yang dipastikan sudah sesuai standar keselamatan kelas internasional.

Keistimewaan lainnya, Sirkuit Mandalika juga merupakan lintasan pertama yang di homologasi untuk kejuaraan MotoGP. Karakteristik lintasan juga dinilai seimbang karena terdapat sembilan tikungan ke kiri dan delapan ke kanan, sehingga memberi keuntungan bagi pebalap dan tidak membuat ban habis di satu sisi saja.

Tiga titik breaking juga dibuat dan ada di Turn 1, 10 dan 16, selebihnya hanya sedikit engine brake dan lebih flowing.

Lokasi Sirkuit Mandalika

MotoGP Mandalika 2021

Mandalika sendiri masuk ke wilayah Kabupaten Lombok Tengah dan merupakan bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata Indonesia. Luasnya sekitar 1.000 hektare, jika menggunakan pesawat, waktu tempuhnya mencapai 2-3 jam.

Sejak Mei 2020, pembangunan jalan Bypass atau akses sepanjang 17,4 kilometer menuju Sirkuit Mandalika sudah dimulai. Proyek pembangunan jalan Bypass ini akan memberi kemudahan bagi penonton yang mau nonton MotoGP 2021 di Sirkuit Mandalika, dari Bandara Internasional Lombok (BIL). Di samping itu juga dilakukan pembangunan pengendali banjir kawasan KEK Mandalika sepanjang 5 kilometer dan ditargetkan rampung pada Desember 2020.

Fasilitas Mewah di Kawasan Sirkuit Mandalika

MotoGP Mandalika 2021

Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat punya beragam keistimewaan karena dibangun di tengah-tengah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Lintasan sepanjang 4,32 kilometer yang dikelilingi panorama pantai, lapangan golf, solar cell farm dan perbukitan dijamin bisa bikin pembalap dan penonton betah jika datang ke Sirkuit Mandalika.

Dirancang sebagai sirkuit kelas dunia, Sirkuit Mandalika diperkirakan bisa menampung sekitar 150 ribu penonton yang hadir. Ini belum termasuk dua tribun khusus di atas bukit yang bisa menampung lebih dari 30.000 orang.

Pihak Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC) diketahui tengah fokus membangun dan mengelola kawasan pariwisata di luar Bali, tidak lain adalah wisata Mandalika, NTB. Sirkuit yang dibangun di atas lahan selua 105,40 hektare ini bakal dilengkapi berbagai fasilitas mumpuni. Mulai dari COEX (Convention-Exhibition) Building, Rumah Sakit hingga area perbelanjaan.

Baca Juga : Seri MotoGP Mandalika 2021 Punya 9 Fakta Menarik!

Kementerian PUPR juga akan membangun Promenade di Desa Gerupuk, Kabupaten Lombok Tengah yang menjadi salah satu tujuan wisatawan seiring dengan penyelenggaraan MotoGP 2021.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *