Kemnaker Siapkan SDM Terampil Dalam Menyambut MotoGP Mandalika 2021

  • Whatsapp
MotoGP Mandalika Tahun 2021

MotoGP Mandalika Tahun 2021 | Indonesia saat ini tengah menyiapkan pergelaran olahraga berskala Internasional yakni MotoGP Mandalika 2021. Dimana sirkuit yang menjadi tuan rumah adalah Sirkuit Mandalika di wilayah Nusa Tenggara Barat.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, memberikan respon dalam persiapan perhelatan MotoGP Mandalika 2021 di Sirkuit Mandalika. Ia berharap perhelatan ini juga dapat memberikan dampak dan manfaat besar bagi warga sekitar. Oleh karenanya, pihak Kementerian Ketenagakerjaan akan melakukan intervensi dengan cara meningkatkan kompetensi masyarakat di NTB.

Read More

“Mandalika ini adalah milik masyarakat NTB, Mandalika ini adalah milik masyarakat Indonesia, masyarakat NTB harus merasakan langsung keberadaan Mandalika, masyarakat NTB harus menjadi Tuan di Mandalika, di NTB itu sendiri,” kata Menaker Ida saat meresmikan workshop pelatihan di BLK Lombok Timur dan meninjau sarana pelatihan di sejumlah BLK Komunitas di NTB, 19 – 21 Februari 2021.

Persiapan SDM Indonesia MotoGP Mandalika Tahun 2021

MotoGP Mandalika Tahun 2021

Menaker Ida menambahkan, Mandalika yang terletak di Lombok Tengah, NTB saat ini tengah dibangun sirkuit berskala internasional guna mempersiapkan perhelatan MotoGP. Tentu hal ini juga perlu didukung dengan persiapan Sumber Daya Manusia yang ikut mensukseskan MotoGP Sirkuit Mandalika, khususnya masyarakat NTB di sekitar lokasi sirkuit Mandalika.

“Oleh karena itu kami ingin berkontribusi meningkatkan kompetensi SDM di sekitar NTB untuk bisa mereka menjadi Tuan di NTB,” katanya.

Menaker Ida menjelaskan, Kementerian Ketenagakerjaan memiliki BLK yang dikelola langsung oleh Kemnaker di NTB, yaitu BLK Lombok Timur. BLK ini memiliki kejuruan unggulan pariwisata. BLK Lombok Timur memiliki wilayah binaan NTB, NTT, dan Bali.

Agar pelatihan ini dapat diselenggarakan sesuai dengan kebutuhan dunia industri dan usaha. Menaker Ida menyatakan bahwa pihaknya telah menyinergikan pelatihan di BLK agar sesuai dengan kebutuhan di pasar tenaga kerja. Salah satunya dengan menjalin kerja sama antara BLK Lombok Timur dengan Forum Koordinasi Lembaga Pelatihan Kerja Industri (FKLKI) di NTB.

“Karena kami menyadari betul keberadaan BLK ini harus bisa menjawab tantangan ketenagakerjaan. Seluruh proses peningkatan kompetensi mengikuti demand, mengikuti kebutuhan pasar,” jelasnya.

Namun, Menaker Ida menilai bahwa keberadaan BLK diperlukan dukungan dari berbagai pihak, baik itu pihak swasta maupu pemerintah sendiri.

Pembangunan Jalan untuk Ajang MotoGP Mandalika 2021

MotoGP Mandalika Tahun 2021

Jalan Kawasan Khusus (JKK) Mandalika dengan panjang lintasan 4,31 km ini fungsinya adalah sebagai venue pagelaran event balap motor MotoGP.

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) berkomitmen terus mendorong percepatan pembangunan proyek Jalan Kawasan Khusus (JKK) Mandalika.

Hingga pertengahan bulan Februari 2021, progres pembangunan JKK secara keseluruhan telah mencapai 58 persen. Jalan Kawasan Khusus (JKK) dengan panjang lintasan 4,31 km ini salah satu fungsinya adalah sebagai venue pagelaran balap motor IndonesianGP.

“Saat ini progres pembangunan JKK telah mencapai 58 persen dan masih on schedule. Kami terus pantau dengan ketat proses pekerjaan proyek ini karena pekerjaan harus dilakukan dengan teliti dan presisi,” kata Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro.

“Dan kami optimis proyek ini dapat berjalan lancar dan sesuai tenggat waktu dengan hasil final homologasi nanti dapat sesuai standar dari FIM,” ungkap dia.

Baca Juga : Sambut MotoGP Mandalika 2021 Dan Perkembangan Terbarunya

Tentu sebagai masyarakat dan para pecinta MotoGP di seluruh Nusantara berharap yang terbaik agar perhelatan olahraga Internasional ini lancar dan memberikan dampak baik bagi perekonomian dan pariwisata di wilayah Nusa Tenggara Barat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *