5 Tempat Wisata di Kerinci Jambi Terbaru & terpopuler

  • Whatsapp

Mengenal Tempat Wisata di Kerinci jambi Terbaik & Terpopuler. Objek Wisata alam yang indah dan mempesona cocok untuk berlibur dan berwisata bersama keluarga . 

Bagi sebagian orang, menikmati keindahan alam merupakan sebuah keharusan, apalagi di saat liburan. Berkunjung di Tempat Wisata di Kerinci jambi dengan pesona alam yang sangat indah adalah Tempat yang tepat untuk memanjakan mata . 

Read More

Selain itu buat kalian yang narsis dan hobi banget berselfie ria, Tempat Wisata di Kerinci adalah tempat yang tepat untuk dijadikan latar belakang sehingga foto kalian jadi makin estetik. 

Tempat Wisata di kerinci sendiri merupakan salah satu destinasi dan tempat wisata favorite di Provinsi Jambi.

Kerinci menawarkan berbagai Objek dan Tempat Wisata indah yang mampu menarik wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Penasaran dengan Tempat Wisata di Kerinci ?

berikut 5 Tempat Wisata di Kerinci Jambi terbaru dan terpopuler yang harus dikunjungi. 

1.Danau kerinci

Tempat Wisata di Kerinci jambi

Danau Kerinci merupakan destinasi danau favorite yang indah dengan berbagai pesona alam di sekitar nya . Danau yang satu ini merupakan Danau terfavorite dan juga termasuk Tempat Wisata di Kerinci jambi.

Danau Kerinci juga dikenal sebagai Danau yang mempunyai tipe vulkanik, karena terbentuk akibat letusan gunung merapi. 

Danau yang terletak di kaki gunung raja ini mempunyai luas 4200 ha, dan kedalaman sekitar 110 M. 

Selain sebagai Tempat destinasi Wisata, Danau ini juga dijadikan sebagai pusat mata pencaharian bagi para nelayan yang tinggal di sekitar danau.

Pemandangan di sekitar Danau Kerinci Begitu menawan, hamparan air yang jernih berlatarkan barisan pegunungan. 

Banyak sekali para nelayan yang menghabiskan waktunya mencari ikan di danau kerinci.

lokasi: Lake Kerinci,kec. Danau Kerinci Kab. Kerinci. 

2. Danau Kaco 

Tempat Wisata di  Kerinci jambi

Danau Kaco merupakan salah satu danau yang memiliki luas 30mx30m.

meskipun danau tersebut tidak begitu luas, Namun Danau tersebut mempunyai pesona dan keindahan alam tersendiri. maka tak heran jika danau kaco merupakan destinasi tempat wisata di kerinci jambi yang indah dan populer.

Penamaan “Kaco” bermula dari bahasa setempat yang berarti “kaca”. 

ada legenda yang berkembang di sana.

Terlepas dari legenda, keindahan Danau Kaco layak untuk dipilih sebagai tempat Wisata di kerinci jambi untuk menikmati keindahan alam di sekitarnya

Menurut cerita yang ada, kilauan nya datang dari intan titipan milik para pemuda yang ingin melamar seorang putri raja, putri itu sungguh cantik nan jelita. 

Putri yang bernama Napal Melintang itu berasal dari cerita legenda. kecantikan putri Napal Melintang mampu memikat hati sang ayah,

sehingga sang ayah membawa lari sang putri dan meninggal kan intan dari para pemuda yang ada di dasar Danau. 

Bahkan sampai sekarang masyarakat sekitar masih percaya bahwa kilauan dasar danau adalah peninggalan Raja gagak ayah dari putri Napal Melintang tersebut.

Dibalik keindahan Danau Kaco ternyata menyimpan cerita di atas yang cukup tragis.

Meskipun demikian legenda tersebut hanyalah mitos belaka, sejatinya Danau ini juga memiliki satu keunikan yang jarang ditemui.

Setiap malam Danau Kaco akan memancarkan sinar seperti cahaya yang menyinari dari dasar danau, bahkan saat malam bulan purnama,cahaya itu semakin terang,pancaran sinar itu datang tanpa diketahui dari mana asalnya .

Hal inilah yang menarik bagi para wisatawan untuk melihat keindahan dari Danau Kaco secara langsung.

Maka tak heran banyak para wisatawan yang sengaja menginap dan bermalam di pinggir danau untuk menyaksikan keindahan dan keelokan cahaya dari Danau kaco.

Sedangkan untuk menuju ke lokasi Danau Kaco bisa ditempuh dengan jalur kendaraan dari kota jambi menuju ke Danau membutuhkan waktu 10 jam perjalanan.

karena menempuh jarak sejauh 500 km.

selanjutnya dari sungai, para pengunjung harus menuju Desa Lempur, Kecamatan gunung raya memakan waktu 45 menit dengan kendaraan.

Dari situ pengunjung masih harus berjalan kaki untuk menyusuri hutan selama 4 jam hingga pada akhirnya barulah sampai ke Danau kaco.

3. Danau Gunung Tujuh

tempat  Wisata di Kerinci jambi

Berbeda dengan Danau Kerinci dan Danau kaco, Danau gunung tujuh ini dikelilingi tujuh puncak gunung di jambi, maka tak heran jika Danau ini dijadikan destinasi alam yang sangat menarik bagi para wisatawan.

Selain keindahan dan keelokan pemandangan di sekitar Danau gunung tujuh tersebut, disana juga terdapat sumber mata air yang sangat dingin.

Panorama alam sekitar menjadi suguhan utama untuk memanjakan mata bagi para wisatawan serta para pendaki. 

Wisatawan dan pendaki juga bisa menikmati air terjun yang berasal dari Danau.

danau gunung tujuh Kerinci juga merupakan sebuah Wisata Danau yang terletak di Taman Wisata nasional Kerinci seblat, tepatnya di lereng gunung Kerinci jambi.

Taman nasional itu merupakan wilayah flora terbesar di pulau sumatra.

Dan merupakan wilayah yang ditetapkan oleh salah satu lembaga dunia, sebagai situs warisan di dunia.

Danau tersebut juga menyimpan sejuta exotisme yang membuat mata menjadi terasa fresh.

keindahan dari panorama dan kabut tipis di permukaan Danau begitu menghipnotis, memberikan kenyamanan dan keindahan yang Tiada duanya.

4. Air Terjun Talang Kemulun

Yang gemar dengan Wisata alam, yuk berkunjung di destinasi Wisata Air Terjun Talang Kemulun Kerinci jambi!

Jambi merupakan provinsi yang mempunyai kekayaan alam yang belum terkenal, salah satunya Air Terjun Talang Kemulun.

Tempat Wisata di Kerinci jambi

Wisata air terjun talang kemulun ini mempunyai keindahan alam yang sangat asri dan alami, serta udara sejuk yang sangat menyegarkan.

keindahan alam yang sangat menakjubkan, air terjun Talang kemulun berada ditengah-tengah hutan dengan keadaan yang sangat natural,

Sehingga jika mau menuju ke lokasi air terjun kalian harus melakukan treking berjalan kaki. 

Selain jalurnya yang masih alami, saat trekking kalian harus menyiapkan tenaga, karena kalian akan melalui tanjakan dan akan melewati persawahan dan perkebunan.

Setelah berjalan kira-kira satu jam kalian akan menemukan sebuah air terjun mini, dimana air terjun itu merupakan aliran dari Air terjun Talang kemulung.

Menapaki jalan di antara rindangnya pepohonan kalian akan bertemu dengan beberapa hewan liar, jadi kalian harus waspada saat trekking di alam terbuka disana.

Air terjun Talang kemulung juga disebut dengan air terjun lembah kayangan, karena banyak yang menyebutkan bahwa air terjun ini merupakan surga yang tersembunyi.

Air terjun Talang kemulun memiliki karakteristik yang berundak-undak,air yang mengalir melewati bebatuan serta ditumbuhi tanaman yang merambat.

Menikmati keindahan alam yang disajikan Air terjun Talang kemulun harus diabadikan, spot foto terbaik tentu saja berlatarkan dari air terjunnya yang sangat mempesona. 

dengan menikmati keindahan dan Panorama di air terjun Talang kemulun, kalian akan mendapatkan ketenangan dan kedamaian,dengan merasakan air yang membasahi wajah membuat hilang seluruh peluh dalam diri, serta akan hilang semua rasa lelah trekking yang telah kalian lalui.

5. Kolam Air Panas Semurup

Mendengar nama Tempat wisata Air Panas Semurup pasti kalian langsung terbenak nama kota yaitu jambi.

Tempat Wisata di Kerinci jambi

Baru-baru ini kota jambi terkenal sebagai Tempat yang menjadi destinasi Wisata, terlebih di kota tersebut ada Tempat Wisata yang mempunyai sumber air Panas yaitu kolam air Panas semurup. 

Nama Tempat tersebut pun pernah viral dan sempat masuk media bahkan sampai menjadi bahan pembicaraan hingga ditulis oleh media luar negeri. 

Hal tersebut bukan karena keindahan Tempat wisatanya yang ada di Kerinci jambi, melainkan pernah ada kasus bunuh diri oleh seorang pemuda di Tempat Wisata kolam air Panas itu.

Kebetulan pemuda itu datang ke tempat wisata sendirian, kemudian pemuda itu duduk di sebuah warung sambil menikmati telur rebus.

Selang beberapa menit ada seseorang yang menghampiri pemuda tersebut, tetapi pemuda itu tiba-tiba lari sambil melepaskan baju menuju kolam air panas, sesampainya di kolam, pemuda itu lompat dan terjun ke dalam kolam air panas yang bersuhu 85 derajat celcius.

Menurut warga setempat, kolam air Panas Semurup memang sering kali menjadi Tempat pelampiasan untuk bunuh diri.

Masyarakat juga sering melarang para warga yang mempunyai pikiran atau terbesit ingin melakukan bunuh diri di kolam air panas semurup.

Kasus bunuh diri di kolam air Panas Semurup sempat menjadi sorotan media Malaysia. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *