Tempat Wisata di NTB yang Penuh Pesona

  • Whatsapp

Tempat wisata di NTB menjadi salah satu hal yang memesona para wisatawan. Walaupun sebagai ikon keindahan alam Indonesia nama Bali memang sudah tersohor ke mana-mana, tetapi NTB pun memiliki segudang tempat wisata cantik yang tak kalah indahnya dengan Bali.

Sekalinya Anda mengunjungi destinasi wisata di NTB, pasti Anda nggak bakalan bosan deh. Karena selain indah, ada banyak pilihan lokasi yang bisa Anda kunjungi.

Read More

Mau tahu kan di mana saja tempat menarik yang ada di NTB? Yuk kita susuri satu-persatu 12 tujuan wisata yang ada di NTB!

1. Tempat Wisata di Gili Trawangan

tempat wisata ntb
Source: Instagram.com/krista_onthego

Siapa sih yang tak kenal dengan Gili Trawangan? Lokasi wisata ini sudah tersohor ke mana-mana lho! Makanya, Anda jangan heran kalau saat mengunjungi tempat ini, banyak wisatawan mancanegara yang bisa Anda temui.

Selain lokasinya yang indah, Anda juga nggak perlu khawatir dengan sarana transportasi dan akomodasi di sini. Karena sudah termasuk destinasi wisata favorit banyak orang, Anda tak akan menemui kesulitan jika ingin berlibur di Gili Trawangan.

2. Tempat Wisata di Pantai Senggigi

Source: Instagram.com/sijejen

Ingin menikmati suasana pantai yang indah lengkap dengan hembusan angin pantai sepoi-sepoi? Kalau begitu, jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Senggigi.

Salah satu ikon wisata di NTB ini memang pas jadi tujuan wisata Anda sekeluarga, apalagi kalau Anda penyuka snorkeling. Ombaknya yang tidak terlalu besar membuat kegiatan yang satu ini aman untuk dilakukan.

Selain itu, Pantai Senggigi juga akhir-akhir ini menjadi buruan para fotografer yang ingin mengabadikan suasana sunset. Senja di Senggigi memang terlalu indah untuk dilewatkan!

3. Pantai Bangko-Bangko

Tempat wisata di ntb
Source: Instagram.com/southlomboklandsales

Bagi Anda yang hobby berselancar alias surfing, wajib banget nih untuk datang ke Pantai Bangko-Bangko.

Karena ombaknya indah, pasti Anda tak tahan untuk segera membawa papan seluncur dan berpetualang di antara ombak-ombak di sana.

Selain itu, pasir putih yang membentang juga akan menjadi pemandangan yang tak bosan Anda nikmati. Bila lelah berjalan-jalan, Anda bisa beristirahat di bawah pohon kelapa sambil yang banyak tersebar di pinggir pantai.

4. Tempat Wisata di Gili Meno

Instagram.com/travelshowreel

Gili Meno adalah salah satu destinasi bulan madu yang sering jadi pilihan para pasangan. Suasananya yang tenang memang terasa sangat romantis. Ditambah lagi pemandangan yang indah membuat siapapun akan betah berlama-lama menghabiskan waktunya di sini.

Anda juga bisa berkunjung ke Gili Meno Wall untuk melihat para penyu berenang ke sana kemari. Selain bermain air di pinggir pantai, Anda juga bisa menyewa sepeda atau kuda untuk menjelajahi Gili Meno.

Oh ya, jangan lupa juga untuk mengabadikan memori dengan berfoto-foto di banyak spot menarik di sana ya!

5. Tempat Wisata di Doro Ncanga

Tempat wisata di ntb
Source: Instagram.com/keluarga.kusmajadi

Ingin berlibur ke Afrika sambil menikmati safari di sana, tapi terhalang dengan kondisi COVID-19 yang membuat Anda tak bisa ke mana-mana?

Jangan sedih dulu, Anda juga bisa kok menikmati liburan sambil melihat sekumpulan binatang di Padang Savana Doro Ncanga NTB.

Nah, di sini Anda bisa melihat sekumpulan hewan ternak yang dilepas bebas oleh pemiliknya. Mereka dengan santai bisa makan rerumputan yang ada di sekitar Doro Ncanga.

Luasnya hamparan Padang Savana membuat kita juga bisa menikmati udara segar di sana. Pokoknya, ini adalah salah satu tujuan tempat wisata menarik di NTB yang harus Anda kunjungi.

6. Gili Nanggu

Source: Instagram.com/gilinangguofficial

Menjelajahi dunia bawah laut di Gili Nanggu adalah pengalaman yang harus Anda nikmati minimal sekali seumur hidup.

Kenapa?

Karena keindahannya yang luar biasa pasti akan membuat Anda terpesona. Terumbu karang, air laut yang jernih, dan ikan-ikan cantik turut menambah keindahan objek wisata di Nusa Tenggara Barat ini.

Setelah lelah berenang dan snorkeling, Anda bisa menyantap hidangan laut sambil menikmati es kelapa muda yang segar. Dengan demikian, pasti liburan Anda di tempat wisata NTB jadi bertambah menyenangkan ya!

Oleh karena itu, Anda pun bisa menikmati suasana sunset yang indah di pinggir pantai sambil bermain gitar atau sekadar bercengkerama dengan keluarga.

7. Tempat Wisata di Gili Asahan

Tempat wisata di ntb
Source: Instagram.com/onedayonetravel

Sama seperti di Gini Nanggu, Anda pun bisa menikmati keindahan taman bawah lau di Gili Asahan.

Selain itu, pemandangan sekitar pantai yang dipenuhi dengan rimbunnya pepohonan juga menjadi penambah kesejukan saat Anda bermain di pinggir pantai.

Karena ombaknya yang kecil, Gili Asahan juga cocok untuk kegiatan permainan air dan berenang. Sehingga, tempat ini pas jadi destinasi liburan bersama keluarga.

Biar lebih seru, coba buat video-video saat Anda menjelajahi alam bawah laut dengan kamera khusus agar Anda mendapatkan kualitas video yang bagus.

8. Air Terjun Benang Kelambu

Tempat wisata di ntb
Source: Instagram.com/_miapuspita_

Ada satu tempat wisata menarik di NTB yang benar-benar bisa memberikan kesegaran saat Anda mengunjunginya, yaitu Air Terjun Benang Kelambu.

Untuk menuju air terjun ini, Anda akan melewati ratusan anak tangga yang terletak di antara lebatnya pepohonan rimbun yang berwarna hijau.

Hawanya? Jangan ditanya. Sangat sejuk dan segar.

Nah, tak lama setelah Anda melewati anak tangga tersebut, suara air terjun mulai terdengar, dan Anda pun sudah bisa menyaksikan keindahan air terjun yang jatuh ke permukaan di bawahnya.

Tak salah memang kalau tempat wisata ini dinamakan Air Terjun Benang Kelambu, karena airnya memang terlihat seperti ratusan untaian benang yang tipis-tipis. Indah sekali, deh!

9. Tempat Wisata di Gili Sulat

Source: Instagram.com/desasugian

Saat berkunjung ke NTB, pastikan Anda juga mendatangi Gili Sulat. Di pulau yang memiliki panjang lebih dari 5 km ini ada hutan mangrove di mana banyak terdapat berbagai jenis burung-burung cantik, seperti burung Maleo.

Selain itu, ada banyak spesies ikan yang hidup di antara akar-akar bakau.

Sayangnya, karena belum banyak yang mengetahui keindahan tempat wisata menarik di NTB ini, sarana di Gili Sulat belum terlalu lengkap.

Sehingga, kalau Anda ingin menghabiskan waktu di pulau ini sebaiknya membawa bekal makan dan minum sendiri.

Meskipun begitu, Gili Sulat sangat cocok bagi Anda yang memang ingin berlibur di tempat yang belum terlalu ramai. Apalagi, banyak spot-spot cantik yang bisa menjadi latar belakang foto-foto yang Anda ambil.

10. Pulau Satonda

Danau
Source: Instagram.com/mountnesia

Ada satu tempat wisata unik di NTB yang bernama Pulau Satonda di Kabupaten Dompu.

Di mana letak keunikannya?

Yang bikin unik adalah danau yang terletak di pulau ini. Kalau biasanya danau memiliki air yang tawar, tetapi Danau Satonda memiliki kadar asin melebihi air laut di sekitarnya dan menyebabkan hampir semua jenis moluska musnah.

Pulau cantik yang sering menjadi tempat persinggahan kapal pesiar maupun yacht ini ternyata memiliki nilai ilmiah, serta ekosistem gunung api yang unik dan eksotik.

Jadi, pada awalnya air di dalam danau adalah air tawar. Namun tsunami akibat dari letusan Gunungapi Tambora 15 April 1815, membuat air laut masuk ke dalam Danau Satonda, dan mengubah Danau Satonda menjadi danau air asin.

Meskipun begitu, untuk kecantikan alamnya tak usah diragukan lagi. Ada banyak titik penyelaman untuk menyaksikan terumbu karang cantik dan alami serta koleksi ribuan ikan hias aneka jenis.

Bahkan, pemerintah pun telah menetapkan pulau ini sebagai Taman Wisata Alam Laut (TWAL) pada tahun 1999.

11. Tempat Wisata di Pundu Nence Peak

wisata gunung
Source: Instagram.com/rizalrizky__28

Pundu Nence Peak berada di Kelurahan Lelamase, Bima. Tempat wisata menarik di NTB ini memiliki ketinggian 1050 Mdpl dan memiliki keindahan yang luar biasa.

Supaya Anda bisa menikmati kecantikan pemandangannya dengan maksimal, sebaiknya berangkat saja sejak pagi hari. Anda pasti bisa lebih lama menikmati pemandangan sambil menyantap perbekalan.

12. Lingkoq Datu, Pantai Penyisok

Wisata pantai
Source: Instagram.com/paramatours

Kalau Anda belum pernah mengunjungi Lingkoq Datu di Pantai Penyisok, sekarang saatnya Anda memasukkan objek wisata ini ke tempat tujuan liburan setelah pandemi berakhir.

Lingkoq Datu adalah tebing-tebing karang yang berwarna keemasa, di mana dari atas sana Anda bisa menikmati keindahan pantai Penyisok dan Samudera Hindia.

Ada juga pemandangan Padang Savana yang bisa membuat hati tenteram hanya dengan melihatnya saja. Anda bisa menikmati sunset dari tempat ini sambil berfoto-foto untuk diupload ke Instagram.

Nah, itu tadi 12 tempat wisata menarik di NTB yang pastinya wajib Anda kunjungi saat berlibur bersama keluarga. Bagaimana, menarik semua bukan?

Selain pemandangannya masih asri dan alami, Anda juga bisa menikmatinya tanpa harus berdesak-desakkan dengan turis lainnya.

Kunjungi website pemerintahan NTB untuk informasi tempat wisata lainnya.

Semoga Anda bisa segera mengunjungi objek wisata di NTB ya. Selamat berlibur!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *