5 Tempat Wisata Sukabumi yang Memesona, Cocok Jadi Tempat Berlibur

  • Whatsapp
tempat wisata sukabumi

Sukabumi layak menjadi tempat tujuan Anda saat berkunjung ke Jawa Barat, selain Bandung. Tempat wisata Sukabumi dikenali sebagai destinasi wisata yang asri dan memesona. Terlebih karena Sukabumi juga pernah menjadi latar syuting film Keluarga Cemara yang mungkin pernah Anda tonton sebelumnya.

Kalau lokasi syuting film my hearth, sudah pasti Ana tahu kan letaknya di mana? Ya, benar sekali. Tempatnya di kawah putih bandung, setiap tempat yang letaknya di jawa barat ini pasti menyimpan keistimewaan tersendiri tentunya.

Read More

Sukabumi menjadi salah satu kota yang mempunyai luas wilayah terkecil di Provinsi Jawa Barat. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah untuk berkunjung ke setiap destinasi wisata yang terdapat di Sukabumi, di antaranya yaitu wisata kuliner, air terjun, tempat bersejarah, serta wahana bermain, dan banyak lagi lainnya.

Rekomendasi Tempat Wisata Sukabumi yang Populer

Saat berlibur ke Sukabumi, sebaiknya Anda menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang akan memanjakan mata. Berikut ini beberapa tempat wisata Sukabumi yang tidak boleh sampai terlewatkan.

Curug Cimarinjung

tempat wisata sukabumi

Salah satu curug yang mempunyai pemandangan indah dan memesona di Sukabumi adalah Curug Cimarinjung. Banyak pepohonan rindang di sekitar tebing yang menjadikan suasana terasa teduh dan nyaman. Anda juga akan disambut dengan air terjun yang mempunyai ketinggian mencapai 45 meter. Dengan suguhan alam yang menawan tersebut Anda akan merasa lebih damai sehingga pikiran akan semakin tenang.

Bagi Anda yang ingin menikmati indahnya berwisata, Anda dapat mengendarai sepeda motor ke Curug Cimarinjung yang berlokasi di Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat. Anda juga hanya perlu membayar sebanyak Rp3.000 untuk tiket masuk ke curug.

Setelah sampai di area curug, Anda bisa menikmati pemandangan tebing berwarna cokelat kemerahan yang menjadi daya tarik para wisatawan. Sambil mengamati indahnya pemandangan, Anda juga dapat mengabadikan momen dengan berfoto di bebatuan besar yang mengelilingi air terjun. Bahkan Anda juga bisa menikmati lezatnya makanan yang dibawa dari rumah ataupun yang telah dibeli. Dan jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan serta membuang sampah pada tempatnya.

Kampung Ciptagelar

Diketahui kampung yang terletak di kaki Gunung Halimun ini telah berdiri sejak tahun 1368. Kampung Ciptagelar berada di desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat. Tempat wisata ini merupakan kampung adat yang terkenal dengan tradisi pertaniannya. Anda yang berkunjung ke Sukabumi dan ingin menikmati indahnya suasana seperti zaman dahulu, kampung ini akan menjadi tujuan yang tepat.

Seperti yang telah diketahui bahwa Kampung Ciptagelar ini menjadi salah satu kampung yang tidak tergerus oleh perkembangan zaman. Di tempat ini Anda dapat melihat rumah-rumah adat dan juga tradisi orang zaman dahulu. Salah satu bentuk tradisinya yakni seren taun yang merupakan penyerahan hasil bumi ke lumbung.

Di tempat inilah Anda akan merasakan udara yang sejuk dan nyaman karena keberadaan kampung ini memang terletak di dataran tinggi. Anda tidak perlu risau soal tiket masuk menuju Kampung Ciptagelar ini. Hanya dengan Rp5.000-an Anda sudah dapat berwisata di kampung ini sampai sepuasnya.

Pantai Pangumbahan

tempat wisata sukabumi

Pantai Pangumbahan juga menjadi tempat wisata Sukabumi yang cukup terkenal akan keeksotisannya. Anda yang ingin menikmati waktu libur sambil bermain air, cobalah untuk datang ke Desa Gunungbatu, Kecamatan Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat. Di sanalah lokasi pantai Pangumbahan yang sangat indah dan cantik.

Anda hanya perlu membayar uang tiket masuk dengan nominal yang sangat ramah yakni kisaran Rp5.000-an saja. Apabila Anda senang melakukan aktivitas air, di pantai ini Anda dapat memanfaatkan ombak untuk berselancar. Biasanya para wisatawan berkunjung karena ingin melihat pelepasan anak-anak penyu.

Bagi yang ingin bermalam di sekitar pantai, Anda juga dapat memilih penginapan seperti hotel atau villa. Anda juga akan mendapatkan penawaran yang murah dengan kisaran Rp200.000 hingga Rp400.000 dengan fasilitas berupa kasur, kamar mandi, kipas angin, dan beberapa perlengkapan lainnya. Untuk Anda yang ingin berwisata ke sini, sebaiknya agar tiba di pagi hari karena ketika menjelang malam akan langsung ditutup.

Pantai Amanda Ratu

Tidak kalah cantiknya dari Pantai Pangumbahan, pantai yang mempunyai pemandangan air hijau yang cukup tenang ini dapat memanjakan penglihatan Anda. Pantai Amanda Ratu sangat cocok untuk dikunjungi saat sedang berlibur. Ketenangan yang disuguhkan oleh alam sangat mendukung untuk menenangkan pikiran dan sejenak menyingkir dari hiruk-pikuk pekerjaan yang tiada henti.

Pantai ini juga mempunyai batu karang dengan bentuk seperti pulau-pulau kecil. Tak heran jika pesona Pantai Amanda Ratu sangat terkenal sebagai salah satu tempat wisata Sukabumi. Pantai ini bertitik lokasi di Jl. Ujung Genteng, Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat. Sedangkan dari pusat Ujung Genteng, pantai ini berjarak sekitar 8,5 meter.

Karena keindahan alamnya, Pantai Amanda Ratu juga dijuluki sebagai Tanah Lot-nya Sukabumi. Apabila ingin berwisata ke tempat ini, Anda harus melewati resort Amanda Ratu terlebih dahulu. Hal tersebut dikarenakan letak Pantai Amanda Ratu sebenarnya berada di area resort bernama Villa Amanda Ratu yang terkenal mewah. Untuk datang ke sini Anda juga bisa mengendari kendaraan pribadi menuju Sukabumi, kemudian dilanjutkan ke arah Surade. Dan Anda dapat menemukan Villa beserta Pantai Amanda Ratu sebelum plang Ujung Genteng.

Situ Gunung Suspension

Situ gunung tempat wisata sukabumi

Apakah Anda ingin menikmati suasana danau yang eksotis? Situ Gunung akan menjadi tempat wisata Sukabumi yang tidak boleh Anda lewatkan. Danau cantik ini berlokasi di Taman Nasional Gede Pangrango. Di mana Anda akan mendapatkan pemandangan danau yang dikelilingi oleh pepohonan hijau nan rimbun dan juga pegunungan yang indah.

Apabila Anda biasanya melihat air berwarna keruh, di sini Anda akan mendapatkan pemandangan air yang masih sangat jernih dan alami. Anda bahkan dapat mengabadikan momen manis saat menjumpai pemandangan senja ketika sore hari. Cahaya jingga yang banyak diburu oleh para wisatawan dapat Anda miliki ketika warna langit sudah mulai gelap. Hal tersebut pula yang menambah keindahan danau Situ Gunung.

Anda dapat mengunjungi tempat wisata ini sekadar untuk menenangkan pikiran atau berlibur sekalipun. Situ Gunung juga menyediakan berbagi objek wisata yang mengangumkan, seperti tempat camping, jembatan gantung, dan masih ada objek wisata lainnya.

Sebelum memasuki area destinasi wisata ini Anda perlu membayar uang tiket masuk terlebih dahulu. Biasanya untuk pengunjung yang berkemah, biaya tiket masuk sekitar Rp24.000 pada hari-hari biasanya dan Rp29.000 untuk akhir pekan. Sedangkan untuk yang hanya ingin rekreasi, Anda akan dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp16.000 untuk hari-hari biasa, dan juga sebesar Rp18.500 saat di akhir pekan.

Di tempat wisata ini juga Anda akan mendapatkan banyak pelayanan berupa wifi gratis, pelayanan reservasi booking tempat tersedia selama 24 jam, toilet, trip rakit, dan warung untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan. Selain itu Anda juga dapat menggunakan layanan api unggun jika ingin bermalam di tempat wisata ini.

Keindahan tempat wisata Sukabumi memang tidak diragukan lagi. Dengan kondisi alam yang masih indah dan cantik, akan sangat disayangkan bila Anda tidak mengunjungi wisata andalan Sukabumi, Jawa Barat ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *