Dataran tinggi Dieng merupakan destinasi objek wisata yang wajib Anda kunjungi ketika berkunjung ke Kabupaten Wonosobo. Objek wisata Dieng menyuguhkan keindahan alam dengan suasana yang sejuk dan segar. Namun, jika Anda ingin berlibur kesana, simak dahulu beberapa tips wisata ke Dieng berikut.

Tips Wisata ke Dieng dan Waktu Berwisata

Jika hendak berlibur ke dataran tinggi Dieng, wisata ke dieng dengan mobil pribadi maka pilihlah waktu yang tepat terlebih dahulu. Ada baiknya jangan memilih waktu liburan ataupun akhir pekan. Karena pada saat tersebut penginapan serta transportasi akan sulit ditemukan karena sudah penuh dengan pengunjung lainnya.

Perjalanan ke wisata dieng serta Budget liburan ke dieng, Selain penginapan yang sulit, Anda juga tidak akan bisa menikmati keindahan dataran tinggi Dieng dengan leluasa karena ramainya pengunjung. Jadi, ada baiknya untuk menghindari waktu liburan serta akhir pekan untuk berwisata ke Dieng.

Persiapan Sebelum Berwisata

Sebelum berangkat ke objek wisata Dieng, terdapat banyak persiapan hal yang harus Anda bawa. Salah satu yang paling penting yaitu jaket atau pakaian yang tebal dan hangat. Di kawasan Dieng, suhu bisa mencapai 12 Celcius meskipun pada siang hari dan 6 Celcius pada malam harinya.

Di sini Anda juga bisa membawa perlengkapan tambahan seperti syal, kaos kaki dan kaos tangan. Jangan lupa untuk memakai pakaian panjang dan hangat serta masker karena di kawasan tersebut bau belerang akan sangat menyengat.

Selain itu, perlengkapan lainnya seperti senter tidak boleh ketinggalan. Ada banyak sekali objek foto yang indah di Dieng, jadi Anda juga bisa membawa kamera untuk mengabadikan keindahan tersebut.

Akses Ke Dieng

Untuk menempuh perjalanan ke dataran tinggi Dieng, Anda memiliki dua pilihan transportasi yang bisa digunakan yaitu bus dan kereta api. Jika Anda memilih menggunakan bus, maka waktu yang dibutuhkan cukup lama yaitu sekitar 10 hingga 12 jam jika dari Kota Jakarta.

Namun, jika Anda menggunakan kereta api hanya membutuhkan sekitar 4 hingga 6 jam saja. Karenanya, jika Anda dari ibukota, bisa menggunakan kereta api yang tidak memakan waktu yang lama serta tidak lelah di jalan.

Segera Cari Penginapan

Tips wisata ke Dieng selanjutnya berkaitan dengan penginapan. Dataran tinggi Dieng termasuk dalam kawasan yang cukup terpencil dan jauh dari perkotaan. Hal ini menyebabkan tidak banyaknya penginapan yang tersedia di tempat tersebut.

Banyak masyarakat disana yang menyediakan tempat penginapan di rumah mereka. Namun, ketika saking banyaknya pengunjung, tak jarang tempat penginapan juga langsung habis disewakan. Jadi, jika Anda berkunjung kesana, ketika tiba hendaknya segeralah mencari tempat penginapan.

Makanan Khas Dieng

Di kawasan Dieng, terdapat berbagai macam makanan khas Dieng. Berlibur kesana akan tidak afdol jika tidak mencicipi berbagai makanan khas dari kota tersebut. Adapun beberapa makanan serta minuman khas Dieng yaitu tempe kemul, mie ongklok, carica, hingga purwoceng.

Makanan yang melegenda adalah carica, yaitu sebuah tanaman mirip pepaya yang katanya hanya bisa tumbuh hanya di kawasan dataran tinggi Dieng.

Seringlah Bertanya

Di kawasan Dieng, Anda akan disuguhkan dengan berbagai macam kuliner khas. Namun, sebagian besar tempat makan di sana tidak mencantumkan daftar harga dari menu. Untuk menghindari kesalahpahaman, jangan malu untuk bertanya terlebih dahulu terkait setiap menunya.

Di setiap daerah mungkin memiliki harga pasar yang berbeda terkait makanan ini. Jadi, ada baiknya untuk bertanya sebelum memesan. Umumnya, harga makanan di Dieng memiliki harga Ro 10 hingga Rp 20 ribu tiap porsinya.

Sebelum berlibur ke tempat wisata tersebut, hendaknya perhatikan beberapa tips wisata ke Dieng di atas. Adapun tips wisata ke dieng dan tambahannya yaitu rencanakan dari jauh-jauh hari segala keperluan liburan Anda termasuk dana anggaran yang akan digunakan untuk berlibur ke sini. dan tentunya perjalanan ke dieng akan menjadi pengalaman ke dieng yang paling mengesankan.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *