Rekomendasi Wisata Kota Palembang, Nomer 5 Tempat Paling Romantis!

  • Whatsapp
lokasi wisata kota palembang

Ibu kota provinsi Sumatera Selatan ini masih menyimpan banyak sekali tempat wisata, jadi tidak hanya terkenal dengan kuliner nya saja, seperti pempek, pindang ikan patin, dan lain sebagainya. Namun wisata kota Palembang juga tergolong cukup maju dan banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat tersebut.

Sebagai kota yang terkenal dengan kerajaan Sriwijaya nya, dan memiliki masih memiliki darah warisan melayu, pastinya tempat ini akan menjadi salah satu destinasi atau kota yang akan “ngangenin” bagi para turis, karena setiap tempat memiliki cerita.

Read More

Kami sengaja ingin mengangkat beberapa wisata kota Palembang, dengan harapan para pembaca juga dapat mengetahui betapa menariknya pulau Sumatera, karena di isi oleh berbagai macam tempat wisata yang menakjubkan dan bisa diabadikan bersama keluarga.

Sejarah Kota Palembang Secara Singkat

Sebelum memasuki pembahasan terkait rekomendasi wisata kota Palembang yang dapat kalian kunjungi, kami ingin sedikit memberikan pengenalan secara singkat terkait kota pempek ini, karena menurut kami Palembang merupakan kota yang sangat unik dan termasuk salah satu kota tertua yang ada di Indonesia.

Berdasarkan penemuan prasasti dari kerajaan Sriwijaya, tahun 2021 ini kota Palembang sudah memasuki usia 1337 tahun kurang lebih, sedangkan untuk penamaan kota nya sendiri juga terdapat hal unik lainnya karena berdasarkan amanat nenek moyang, alasan dinamakan kota “Palembang” berarti suatu dataran rendah yang bahkan tergenang oleh air. Kata Palembang juga diambil dari serapan bahasa melayu, Pa yang diartikan sebagai tempat, sedangkan lembang tanah rendah.

Meskipun terkenal dengan kerajaan nya, namun kota ini tidak menganut sistem pemerintahan raja, bahkan mengikuti aturan Negara Indonesia, yaitu demokrasi. Sejarah mencatat bahwa, kerajaan Sriwijaya pernah berjaya di abad 7 hingg ke-9, hingga mengalami penurunan karena kasus peperangan kerajaan.

Referensi Wisata Kota Palembang

Pada dasarnya, sangat banyak sekali wisata kota Palembang, namun dalam kesempatan ini kami hanya ingin memberikan 5 tempat rekomendasi saja yang menurut kami paling banyak dikunjungi oleh wisatawan, karena faktor nilai historical hingga pemandangan yang menarik, berikut wisata tersebut versi kami.

Jempatan Ampera

Lokasi wisata kota palembang

Tempat wisata ini merupkan iconic dari kota Palembang, tidak heran jembatan yang kokoh berdiri sejak jaman penjajahan Belanda, masih membentang luas untuk menghubungkan antar daerah kota tersebut dalam membantu per ekonomian. Jaman dulu, jembatan ini masih bisa berfungsi dengan baik, karena kapal besar sering melintasi sungai Musi, sehingga jembatan ampera jalannya bisa terangkat ke atas.

Namun, saat ini fungsi tersebut sudah tidak dijalankan lagi mengingat sudah tidak adanya kapal-kapal besar yang melintasi sungai Musi tersebut karena faktor safety, dan juga agar penduduk pesisir sungai tidak terkena ombak saat kapal besar melintasi.

Benteng Kuto Besak

BKB lokasi wisata kota palembang

Lokasi wisata kota Palembang yang kedua dan tidak kalah menarik adalah BKB, atau yang biasa dikenal dengan Benteng Kuto Besak. Sudah jelas seperti namanya, lokasi ini merupakan tempat peninggalan sejarah pada jaman penjajahan, dan menjadi benteng pertahanan bagi kerajaan Sriwijaya pada masanya.

Tidak heran, bila kita mengunjungi BKB akan menemui rumah bangsawan atau keturunan kerajaan Sriwijaya, yaitu Sultan Mahmud Badarudin, yang nama tersebut juga diabadikan sebagai nama Bandara internasional nya. Lokasi BKB juga terletak bersebelahan dengan Jembatan Ampera, jadi Anda bisa sekaligus mengunjungi tempat ini.

Tugu Ikan Belido

Tugu belido palembang

Tempat selanjutnya merupakan icon baru kota pempek, jika kita mengunjungi Negara Singapura terdapat icon Merlion yang berada di tepi lautnya, Palembang juga tidak kalah dengan tugu ikan Belido yang berada di tepi sungai musi. Pemilihan ikan belido sebagai icon baru kota ini karena belido merupakan salah satu bahan baku dalam proses pembuatan pempek.

Namun ikan tersebut sudah mulai menyusut populasinya, dan ikan untuk campuran membuat pempek pun diganti dengan ikan tengiri, ikan parang, hingga ikan gabus, sesuai selera pembuat masing-masing. Lokasi tugu ikan belido ini masih di sekitaran BKB ya, jadi Anda cukup jalan kaki saja.

Museum Sultan Mahmud Badarudin

museum sultan mahmud badaruddin 2

Masih dalam lingkungan sekitar Benteng Kuto Besak, lokasi wisata kota Palembang yang wajib kalian kunjungi adalah museum kesultanan Sriwijaya. Meskipun sistem pemerintahan kota Palembang tidak seperti Jogjakarta karena masih menganut sistem pemerintah kerajaan, namun lokasi ini dijadikan pemerintah setempat menjadi museum.

Dalam museum tersebut, Anda bisa melihat berbagai macam peninggalan kerajaan seperti artefak-artefak yang berada di jaman kerajaan Sriwijaya, untuk tiket masuknya pun cukup murah. Hanya dengan 5rb rupiah untuk satu orang, kalian sudah bisa belajar peninggalan sejarah pada masanya.

Pulau Kemaro

pulau kemaro palembang

Lokasi wisata kota Palembang terakhir yang dapat kami referensikan adalah pulau kemaro, karena tidak lengkap rasanya bila berkunjung ke kota pempek tidak mengunjungi pulau yang berada di tengah-tengah sungai musi tersebut.

Pulau ini sangat kental sekali dengan budaya Cina, karena terdapat pagoda, kelenteng Hok Tjing Rio, hingga makam pangeran Tan Bun An dan Putri Siti Fatimah. Menurut legenda, terdapatnya kuburan itu karena cinta mereka tidak direstui oleh pihak keluarga dan berlari mengasingkan diri ke pulau kemaro, sehingga lokasi ini identik dengan lambang kesetiaan.

Untuk menuju ke Pulau Kemaro, kita harus menggunakan kapal kecil dengan ongkos sekitar 30rb-50rb per orang, tiket masuk sekitar 10rb an juga. Tidak perlu khawatir bagaimana cara pulang dari pulau kemaro, karena banyak petugas setempat yang menyediakan jasa penyebrangan serupa.

Kesimpulan dan Penutup

Rekomendasi tempat wisata kota Palembang yang telah kami sebutkan di atas, pada dasarnya memiliki jarak yang sangat dekat satu sama lainnya, misalnya Anda ingin pergi menuju jembatan Ampera, silahkan menggunakan bus angkutan kota atau angkot yang menuju ke Plaju atau Kerta Pati, untuk stop nya kalian bisa berhenti sebelum melintasi jembatan ampera ya gengs.

Dari jembatan ampera dan ingin mengunjungi wisata lainnya pun sangat mudah, Anda cukup berjalan kaki saja sekitar 300 meter turun ke bawah, maka Anda pun sudah memasuki wilayah Benteng Kuto Besak. Dalam area BKB tersebut, Anda pun sudah bisa mengabadikan foto bersama icon terbaru ikan belido, hingga mengunjungi museum sultan mahmud badaruddin.

Dalam kesempatan lain, kami akan membahas wisata kota lainnya yang berada di pulau Sumatera juga nih gengs, jika sedang berada di jawa timur dan ingin menikmati suasana alam, selecta batu malang mungkin bisa jadi referensi untuk liburan bersama keluarga.

Nah dari ke lima rekomendasi di atas, yang mana nih menjadi pilihan favorit kalian untuk dikunjungi? Jangan lupa untuk menceritakan keseruan selama berlibur di kota Palembang ya gengs, selamat berlibur dan sehat selalu!

FAQ

Berapa biaya masuk ke Benteng Kuto Besak?

Biaya masuk FREE, hanya saja kalian harus membayar biaya parkir kendaraan saja.

Bagaiamana akses kendaraan umum menuju Jembatan Ampera dan BKB?

Saat ini Anda sudah bisa menggunakan MRT yang ada di kota Palembang, cukup bayar tiket 5rb per orang, atau naik angkutan umum bus kota menuju Plaju atau Kerta Pati.

Kondisi Pandemi seperti sekarang, apakah museum sultan mahmud badaruddin masih tetap buka?

Ya, Anda pun harus menggunakan standar protokol kesehatan agar saling menjaga satu sama lain.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *